Teknik Pegangan Raket Yang Menghasilkan Pukulan Sulit Diterka Adalah

Teknik Pegangan Raket Yang Menghasilkan Pukulan Sulit Diterka Adalah

Netting

Sportpedia: Pegangan Raket American Grip pada Bulu Tangkis

Foto: Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito (Foto: Badminton Photo)

JAKARTA –
Berikut adalah pegangan raket american grip pada bulu tangkis. Ada baiknya memahami dengan benar cara pegangan raket agar hasilnya maksimal dan tidak menimbulkan cedera karena salah teknik.

Karena setidaknya terdapat empat jenis dan gaya memegang raket dalam bulu tangkis. Ini penting sebagai salah satu teknik dasar bagi pemain bulu tangkis. Meskipun terlihat mudah, tapi sebenarnya dalam memegang raket memiliki aturan main yang spesifik.

Baca Juga :
Sportpedia: Cara Memegang Raket Forehand Grip pada Bulu Tangkis

Bila pemain bulu tangkis memegang raket secara benar, maka akan memudahkan pemain untuk memukul dan menciptakan arah shuttlecock ke area lawan. Karena itu memegang raket harus benar-benar dipelajari dan dipahami dengan baik jika ingin mendapatkan hasil maksimal dalam pertandingan.

Dilansir dari berbagai sumber berikut adalah cara memegang raket American Grip sebagai berikut

Baca Juga :
3 Pola Pertahanan dalam Bulu Tangkis Ganda

Tata Cara Pegangan Raket American Grip

– Cara memegang raket American Grip dikenal sebagai teknik mirip menggebuk kasur.

Baca Juga :
Cara Melakukan Pukulan Overhead dalam Bulu Tangkis Untuk Pemula

-Teknik ini dilakukan dengan cara ibu jari dan jari telunjuk menempel di bagian pegangan raket yang lebar dan luas.

– Lalu, tangan memegang bagian ujung raket dengan cara yang hampir sama seperti memegang pukulan kasur. Salah satu kelebihan dari American grip adalah efektivitasnya ketika pemain ingin melakukan pukulan smash di depan net.

Baca Juga :
Cara Melakukan Pukulan Underhand dalam Bulu Tangkis

-Tujuan dari teknik ini adalah membuat pukulan keras ketika posisi shuttlecock berada di atas kepala atau over head.

– Selain itu, cara ini juga sangat cocok untuk memukul kembali shuttlecock yang datang menuju bagian atas tubuh pemain.

Sekedar informasi bila teknik pegangan ini memiliki kelemahan karena pemain akan kesulitan dalam melakukan pukulan backhand. Kemudian pemain akan kurang efektif melakukan netting dengan bola yang datang menuju arah samping kiri ataupun samping kanan.

Baca juga:  Cara Menghindari Perhitungan Ganda Dalam Perhitungan Pendapatan Nasional Adalah

Editor : Admiraldy Eka Saputra

Mau belajar cara memegang raket yang benar dalam bulu tangkis? Bahkan belajar cara seorang pemain profesional memegang raketnya? Lihat disini.

Mendetail.com – Badminton atau yang di Indonesia lebih dikenal sebagai olahraga bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang cukup populer. Permainan ini umumnya menggunakan gerak bolak-balik di lapangan, dan melakukan pukulan untuk memasukkan kok atau shuttlecock ke daerah lawan.

Namun untuk bisa memasukkan bola ke daerah lawan, bukan hanya dilakukan dengan mengerahkan pukulan yang keras saja, tapi juga harus menggunakan teknik atau cara memegang raket yang benar. Dalam postingan ini anda akan diajarkan bagaimana cara memegang raket yang benar dalam olahraga bulu tangkis, juga apa manfaat yang akan kita dapatkan saat memegang raket dengan cara tertentu.

Memegang raket yang benar bisa mempengaruhi fleksibilitas pergelangan tangan, yang berpengaruh terhadap pukulan anda. Dengan pergelangan tangan yang fleksibel, kita bisa mengarahkan pukulan yang kuat dengan akurasi yang tinggi.

Untuk memegang raket yang benar sangat sederhana, dilakukan sama seperti saat kita sedang berjabat tangan. Anda hanya perlu membayangkan grip raket sebagai tangan orang lain dan lakukan seperti saat anda sedang berjabat tangan dengan orang lain. Ibu jari harus menekan raket dengan nyaman dan berada di daerah yang luas pada grip raket.

Agar pergelangan tangan bisa fleksibel, mengerahkan pukulan yang kuat dengan akurasi yang tinggi, pastikan anda:

  1. Jangan memegang raket terlalu kuat, karena malah akan mengurangi fleksibilitas saat memutar pergelangan tangan atau mengibaskan/memukulkan raket.
  2. Hanya gunakan ibu jari, telunjuk dan jari tengah untuk mengontrol raket. Dua jari terakhir selain tiga jari diatas harus ditempatkan di posisi senyaman mungkin saat memegang raket. Ini perlu dilakukan untuk menyeimbangkan berat raket. Ini juga akan memungkinkan pergelangan tangan lebih fleksibel dan bergerak lebih bebas.
Baca juga:  Rincian Peristiwa Sesama Saudara Harus Berbagi

Jadi, itulah cara memegang raket yang benar. Selanjutnya adalah teknik memegang raket.

Umumnya ada tiga teknik memegang raket, yaitu Forehand grip, Backhand grip dan Combination Grip. Dibawah ini akan dijelaskan masing-masing teknik memegang / memukul raket:

1. Forehand Grip

  1. Untuk memegang raket dengan teknik Forehand Grip, lakukan seperti anda sedang berjabat tangan. Saat memegang grip raket, pastikan celah antara ibu jari dan jari telunjuk membentuk huruf “V”.
  2. Jari tengah, jari manis dan kelingking digunakan untuk menggenggam raket yang tujuannya untuk menyeimbangkan bobot raket. Sedangkan jari telunjuk ditempatkan agak terpisah dari ketiga jari tersebut, dan berfungsi untuk mengontrol atau mengendalikan pukulan. Atau dengan kata lain, jari telunjuk digunakan untuk mendorong raket ke depan saat anda hendak memukul forehand.
  3. Ibu jari diletakkan diantara jari telunjuk dan ketiga jari tersebut, pada permukaan grip yang lebih luas. Tujuannya untuk mengubah teknik pegangan ke Backhand Grip dengan cepat.

Kelebihan teknik memegang Forehand Grip:

  • Pegangan lebih kuat dan tidak mudah lepas,
  • Mudah memukul shuttlecock yang mengarah ke sebelah kanan badan.
  • Cepat dan tepat saat memukul shuttlecock.
  • Resiko kesalahan penempatan posisi daun raket terhadap datangnya shuttlecock bisa diminimalisir.

Kelemahan teknik memegang Forehand Grip:

  • Posisi tangan pada teknik ini tidak berubah-ubah, sehingga dalam memukul menggunakan Forehand membutuhkan kekuatan tangan dan sendi bahu yang kuat. Diperlukan latihan khusus agar terbiasa.
  • Lemah dalam ‘mengeksekusi’ shuttlecock di depan net

2. Backhand Grip

Kunci untuk memegang menggunakan teknik Backhand Grip yang kuat tergantung pada bagaimana anda memegang raket anda. Kekuatan pukulan menggunakan Backhand Grip berasal dari tekanan pada ibu jari anda. Dengan kata lain, teknik ini mengharuskan anda menggunakan ibu jari, jadi anda harus menempatkan ibu jari pada permukaan yang lebih luas dari cengkeraman bulu tangkis, membuat jari telunjuk rileks, dan bergerak lebih dekat ke jari tengah anda. Mudahnya, backhand grip sama seperti saat anda memberi isarat OK (jempol keatas, ingat ikon Like Facebook?).

Baca juga:  Ciri Ciri Ikan Cupang Yang Membedakan Dari Ikan Lain Adalah

Lebih jelasnya, memegang dengan cara Backhand Grip adalah kelanjutan dari cara memegang dengan teknik Forehand sebelumnya. Untuk beralih dari forehand ke backhand kita hanya perlu memutar ralet seperempat putaran ke kiri. Hanya saja, posisi ibu jari berbeda dari Forehand. Di Backhand ibu jari ditempatkan dekat dengan daun raket.

Kelebihan teknik memegang Backhand Grip:

  • Arah pukulan lawan sulit diterka
  • Shuttlecock melayang dengan keras namun tetap bisa dikontrol

Kelemahan teknik memegang Backhand Grip:

  • Sulit atau lemah mengembalikan smash (shuttlecock) yang mengarah tangan badan, apalagi mengarah ke bahu dan pinggan sebelah kanan.

3. Combination Grip

Combination Grip adalah teknik memegang raket campuran atau kombinasi antara forehand grip dan backhand grip dengan mengubah pegangan raket sesuai arah datangnya bola/kok dan jenis pukulan. Teknik ini digunakan karena kita tidak perlu mengubah-ubah posisi pegangan raket saat akan memukul kok. Sayangnya, teknik memegang ini membuat kita sulit memukul kok yang sudah melampaui tubuh pemain itu sendiri.

Pemain profesional memegang grip dengan cara beralih antara satu teknik dengan teknik lainnya. Jika anda menonton pertandingan bulu tangkis di televisi, anda akan melihat pemain profesional mampu beralih pegangan dari forehand ke backhand atau sebaliknya dengan cepat. Jika kita bisa menguasai cara beralih pegangan dengan cepat, akan memudahkan kita dalam mempersiapkan pukulan dan memukul kok pada titik tertinggi.

Pemain profesional bahkan mampu melakukannya (beralih pegangan) tanpa berfikir! Namun untuk bisa melakukannya, diperlukan latihan dengan ‘jam terbang’ yang tinggi. Namun anda bisa mulai belajar dari sekarang. Kuncinya, jangan terlalu kuat memegang raket. Kendurkan otot anda, dan pegang raket dengan lembut. Dengan begitu anda bisa beralih dari satu pegangan ke pegangan lainnya lebih mudah.

Anda juga bisa berlatih di depan TV. Saat anda menonton pertandingan bulu tangkis, anda bisa sambil melatih genggaman anda. Kedengarannya konyol, tapi tips ini benar-benar efektif!.


Page 2

Teknik Pegangan Raket Yang Menghasilkan Pukulan Sulit Diterka Adalah

Sumber: https://mempelajari.com/teknik-pegangan-raket-yang-menghasilkan-pukulan-sulit-diterka-adalah-a-american-grip