Teks Dalam Komik Biasanya Disajikan Dalam

Cantiks.com – Teks Dalam Komik Biasanya Disajikan Dalam

sobat cer-dik.com pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang rangkuman materi SBPD di kelas 5 pada tema 1. Kita akan membahas tentang gambar ilustrasi, cara membuat patung dari bubur kertas dan tanah liat hingga membuat cover dan komik. Apa saja point penting yang akan disampaikan simak sampai selesai artikel berikut ini.

Gambar ilusrasi

Gambar di atas adalah rangkaian gambar cerita. Dalam gambar tersebut terkandung rangkaian cerita. Gambar cerita merupakan gambar atau serangkaian gambar yang mengandung sebuah cerita. Contoh gambar cerita adalah gambar ilustrasi. Gambar ilusrasi merupakan gambar yang mendukung isi sebuah bacaan atau teks. Gambar ilustrasi dibedakan menjadi dua macam, yakni gambar yang berupa foto dan gambar tangan. Penggunaan gambar ilustrasi disesuaikan dengan kebutuhan dan isi bacaan atau teks.

Meningkatkan keterampilanmu dalam membuat gambar ilustrasi.

Gambar ilustrasi merupakan penggambaran dari sebuah teks. Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas, memperindah, dan menerangkan isi atau informasi dari sebuah bacaan.

Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan serta benda-benda yang ada di sekitar kita. Objek gambar ini harus disesuaikan dengan isi atau bacaan.

Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi adalah sebagai berikut.

  1. Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan digunakan.
  2. Sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat sketsa harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.
  3. Pewarnaan Setelah sketsa selesai dibuat, kamu dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan imajinasi sendiri.
Baca juga:  Proses Pembuatan Kerajinan Dari Kertas Dengan Cara Melipat Disebut Sebagai

Media gambar yang dibisa gunakan untuk menggambar


1.



Media Alas Gambar

Media alas merupakan media atau tempat untuk menuangkan gambar. Kamu dapat menggunakan kanvas, kain, kertas, atau bahkan kaca dan komputer. Media ini juga berpengaruh pada pemilihan media pewarna yang digunakan. Selain itu juga berpengaruh pada awet dan tidaknya hasil gambar pada saat disimpan.


1.



Media Pewarna

  • Pensil Warna Jenis pensil ini banyak mengandung lilin. Pilihan warnanya pun banyak sekali.
  • Cat air Cat air adalah pewarna yang terlebih dahulu dicampur dengan air sebelum dipergunakan. Ada dua macam cat air, yakni transparan dan tidak transparan

Membuat model kerangkanya dengan menggunakan kertas karton

Langkah-langkah kerja.

Siapkan alat dan bahan.

  • Kertas karton atau kardus tebal
  • Gunting
  • Pensil
  • Penghapus
  • Penggaris

Gambarlah pola pada kertas.

Buatlah pola per bagian sesuai dengan bagian-bagian tubuh hewan yang kamu pilih. Misalnya bagian kaki sendiri, bagian badan sendiri, dan lain-lain.

Gambar pola akan sangat menentukan hasilnya. Jadi, gambarlah pola dengan bentuk dan ukuran yang tepat antarbagiannya agar pada saat mengggabungkannya nanti dapat menempel dengan baik dan menghasilkan bentuk hewan keseluruhan yang sesuai dengan aslinya.

Guntinglah kertas sesuai pola.

Arah guntingan harus tepat pada garis dan gambar pola yang telah dibuat.

Gabungkan bagian-bagian yang telah digunting menjadi sebuah model kerangka hewan.

Coba perhatikan contoh berikut.


Dalam membuat gambar cerita kamu juga harus mengetahui corak gambar cerita atau ilustrasi. Corak gambar cerita atau ilustrasi adalah sebagai berikut.

Realis

Realis merupakan gambar yang dibuat seperti keadaan aslinya, baik bentuk, ukuran, dan tata letaknya. Contohnya seperti lukisan berjudul Kapal Dilanda Badai karya Raden Saleh berikut ini.

Karikatur

Karikatur merupakan gambar yang melebih-lebihkan atau mengubah dari objek aslinya. Gambar karikatur menyajikan objek dengan karakter yang lucu dan aneh. Biasanya gambar karikatur mengandung kritikan dan sindiran.

Kartun

Kartun merupakan gambar yang berfungsi untuk menghibur dan berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.

Dekoratif

Dekoratif adalah gambar yang disajikan dengan mengubah bentuk objek aslinya namun tanpa menghilangkan ciri-ciri khasnya.

Membuat model sederhana rangka manusia dari bahan bubur kertas.

Langkah-langkah kerja

Siapkan alat dan bahan

  • Gunting
  • Ember
  • Kertas koran
  • Kawat kasa
  • Pati kanji
  • Cat warna dan kuas

Buatlah kerangka patung dari kawat kasa

Potong-potonglah kertas koran menjadi serpihan-serpihan

Rendamlah serpihan koran-koran ke dalam air

Setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah sampai halus dan campurkan dengan perekat dari pati kanji. Aduklah hingga berbentuk bubur, namun jangan terlalu encer.

Tempelkan bubur koran tersebut pada rangka kawat.

Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari agar tidak retak.

Warnailah dengan menggunakan cat.

Cover

Sampul cover buku merupakan bagian buku yang berupa gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi buku. Cover atau sampul buku merupakan cerminan dari keseluruhan isi buku.

Cover atau sampul merupakan bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi serta menguatkan isi dari buku.

Cover yang baik adalah yang bisa mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut;

  1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.
  2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan mudah dipahami.
  3. Terdapat nama penulis.
  4. Terdapat identitas penerbit.
  5. Menyertakan gambar yang menarik.
  6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.
  7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.

Perhatikan contoh cover berikut.

Agar dapat menghasilkan gambar cover yang baik, kamu harus benar-benar memahami isi bacaan terlebih dahulu. Setelah itu kamu harus menentukan terlebih dahulu desain background (latar).

Ada dua macam desain dalam membuat cover, yakni:

Cover dengan latar berwarna putih dan tulisan sederhana

Pada jenis ini, tidak ada gambar yang memenuhi halaman. Bahkan terkadang hanya berisi judul, nama pengarang, dan nama penerbit. Dengan demikian yang nampak dominan adalah warna putih dan ruang kosong. Ruang kosong semacam ini dimaksudkan sebagai ruang yang lega agar mata tidak sesak terpenuhi oleh gambar.

Desain penuh warna dan gambar

Pada jenis ini, bagian yang dominan adalah gambar ilustrasi dan judul. Selain itu juga disajikan permainan warna yang mencolok dan bervariasi.

buatlah model sederhana mengenai otot dengan menggunakan stryrofoam

Siapakan alat dan bahan:

Satu lembar styrofoam, pensil, spidol warna, pemotong/cutter.

Langkah kerja:

  • Menggambar pola pada styrofoam menggunakan pensil.
  • Memotong styrofoam sesuai pola.
  • Memberikan warna yang berbeda pada tiap-tiap jenis otot.
  • Merangkai tiap jenis potongan sesuai gambar berikut.

Membuat model sederhana tentang kelainan organ gerak manusia di atas, terutama lordosis, skoliosis, dan kifosis dengan menggunakan tanah liat.

Langkah kerja:

  1. Siapkan tanah liat dan air.
  2. Campur dan aduklah tanah liat dengan air.
  3. Remas-remas atau injak-injaklah tanah liat yang sudah tercampur air tersebut dan pastikan sampai lengket. Jangan sampai encer atau masih terlalu kasar.
  4. Bentuklah adonan tanah liat tersebut menyerupai tokoh manusia yang mengalami kelainan tulang lordosis, skoliosis, dan kifosis.
  5. Setelah terbentuk, keringkan dengan mengangin-anginkannya. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari, karena akan menyebabkan terjadinya retakan dan pecah.
  6. Setelah kering, bersihkan dan berilah warna yang sesuai.

Perhatikan contoh

Komik

Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.

Biasanya komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Teks dalam komik berfungsi untuk menjelaskan, melengkapi, dan memperdalam penyampaian gambar secara keseluruhan. Teks atau kata-kata biasanya disajikan dalam gelembung-gelembung yang diserasikan dengan gambar. Sekarang giliranmu. Buatlah komik dengan memilih salah satu tema berikut ini.

  • Sikap dan posisi membaca yang benar
  • Proses pembuatan gerabah
  • Berolahraga

Perhatikan contoh

Ciri-ciri komik:

Hadir untuk menyampaikan cerita

Pesan dan informasi disampaikan dengan menggunakan teks dan gambar.

Proporsional

Keberadaan gambar dan teks yang berimbang membuat pembaca komik seakan-akan terlibat dan berperan langsung ke dalam cerita.

Menggunakan bahasa percakapan

Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari yang mudah untuk dipahami.

Biasanya bersifat kepahlawanan

Umumnya isi cerita komik akan cenderung membuat pembaca mempunyai rasa atau sikap kepahlawanan.

Penggambaran watak secara sederhana

Penggambaran watak dalam komik dibuat secara sederhana agar pembaca mudah memahami isi cerita dan menangkap pesan yang akan disampaikan dalam cerita.

Menyediakan humor

Kata komik berasal dari komik yang berarti jenaka. Humor dalam komik disajikan secara lugas sehingga akan mudah dipahami pembaca dan biasanya humor yang disajikan sering terjadi dan ada di masyarakat.

Teks Dalam Komik Biasanya Disajikan Dalam

Sumber: https://www.cer-dik.com/2022/08/rangkuman-materi-sbdp-tema-1-kelas-5-sd.html