Terangkan Tentang Pola Ragam Hias Bentuk Meander

Cantiks.com – Terangkan Tentang Pola Ragam Hias Bentuk Meander

Jakarta
– Halo detikers, dalam artikel ini akan dibahas mengenai
ragam hias geometris. Tidak hanya akan membahas mengenai pengertian, namun juga membahas tentang macam atau jenis, ciri serta beberapa contohnya. Jika detikers ingin mengetahui lebih jauh mengenai hal tersebut, disarankan untuk menyimak pembahasan artikel ini sampai selesai. Nah, berikut pembahasan tersebut.

Pengertian dari Ragam Hias

Motif atau ragam hias merupakan bentuk dasar dari hiasan yang umumnya diulang-ulang sehingga menjadi suatu pola yang tertentu di dalam karya kesenian atau kerajinan. Ragam hias dapat dihasilkan melalui proses menggambar, mencetak, memahat dan lain sebagainya, guna meningkatkan nilai serta mutu sebuah karya seni atau benda. Tujuan dari dibuatnya ragam hias ini adalah untuk mengisi kekosongan dari permukaan suatu atau sebuah karya seni.

Pengertian dari Ragam Hias Geometri

Ragam hias geometris merupakan ragam hias yang memakai berbagai macam unsur garis. Mulai dari garis lurus, spiral, lengkung, zigzag dan berbagai bagian, misalnya segi empat, lingkaran, persegi panjang dan wujud-wujud lain yang juga sebagai motif wujud yang dasar. Ragam hias ini adalah seni motif yang paling tua di dalam ornament. Hal itu karena sudah dikenal dari zaman prasejarah dulu. Motif geometris sendiri mengalami perkembangan dari titik, garis maupun bagian berulang dimulai dari yang sederhana ke pola rumit.

Ragam hias ini mempunyai beberapa ciri yang sebaiknya memang diketahui. Beberapa ciri tersebut sebagai berikut:

Ciri-Ciri dari Ragam Hias Geometris

1. Pola ragam hias ini tersusun berdasarkan beraneka ragam unsur garis.

2. Ragam hias ini cenderung disusun secara memanjang dan saling menyambung sehingga menjadi gambar yang diulang-ulang.

3. Ragam hias ini jika telah menjadi barang atau karya yang jadi, masuk ke dalam kategori seni rupa 2 dimensi serta 3 dimensi.

Baca juga:  Tentukan Kpk Dari Pasangan Bilangan Berikut

4. Pengaplikasian dari ragam hias ini ada banyak di kain batik, tenun, bordir, sulam, candi-candi, bangunan-bangunan dan lain sebagainya.

5. Umumnya ragam hias ini dibuat dengan menggabungkan berbagai bentuk geometri di dalam satu motif.

6. Untuk membuat kaligrafi hiasan mushaf ataupun dekorasi sering menggunakan ragam hias ini.

Selain mempunyai beberapa ciri, ragam hias ini juga mempunyai berbagai jenis di nusantara. Nah, beberapa jenis tersebut seperti:

Jenis-Jenis dari Ragam Hias Geometris

1. Ceplokan2. Kawung3. Pilin4. Tumpal5. Swastika

6. Meander

Nah, setelah mengetahui berbagai hal di atas mengenai ragam hias ini. Berikut adalah beberapa contohnya:

Contoh-Contoh dari Ragam Hias Geometris

1. Motif Batik

Motif ini biasanya ditemukan pada ornamen-ornamen dinding atau di pakaian yang berbahan dasar kain sulam atau tenun bermotif batik.

2. Motif Belah Ketupat

Motif yang satu ini merupakan salah satu motif yang objek utama adalah gambar geometris belah ketupat. Biasanya motif ini ditemukan di ornamen-ornamen perabotan rumah, hiasan dinding hingga beberapa jenis kain.

3. Motif Geometris Bunga

Motif ini merupakan motif geometris dengan sisi yang bentuk dasarnya titik, garis serta membentuk keindahan. Biasanya sering dipakai atau ditemukan di pakaian atau gaun wanita. Tidak jarang pula ditemukan di hiasan dinding.

4. Motif Geometris Busur

Motif ini merupakan motif geometris yang memakai busur menjadi objek utama di dalam pembuatan motif. Motif ini biasanya dipakai untuk bentuk kekuatan.

5. Motif Geometris Daun

Motif yang satu ini adalah satu bentuk geometris sederhana namun banyak dipakai hiasan karena mempunyai ciri khas dari kesederhanaan. Motif ini sering ditemukan di berbagai macam pakaian.

Nah, demikian pembahasan di artikel ini mengenai
ragam hias geometris.

Baca juga:  Jenis Gitar Untuk Memainkan Akor Adalah

Simak Video “Covid-19 DIY Masih Tinggi, Sultan HB X Minta PTM Disetop

[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

Gambar Ragam Hias Geometris
– Motif geometris adalah motif yang sangat menarik. Di berbagai daerah di Indonesia ada beberapa yang menggunakan motifgeometris. Kali ini kita akan membahas mengenai gambar ragam hias geometris. Sebelum kalian mempelajari lebig lanjut gambar geometris kalian perlu mempelajari juga pengertian ragam hias, pola, motif, jenis, dan cara menggambar.

Pengertian Ragam Hias, Motif, Pola, Teknik, Cara Menggambar

Gambar Ragam Hias Geometris

Pengertian ragam hias adalah karya seni rupa yang di ambil dari bentuk-bentuk flora (vegetal), Fauna (animal), Figuran (manusia) dan bentuk-bentuk geometris lainnya. Dalam hal ini ragam hias adalah media dua dan tiga dimensi.Gambar ragam hias geometris adalah gambar berbentuk persegi, segitiga, lingkaran dan bentuk simetris lainnya.

Gambar Geometris

Beberapa daerah ada motif geometris yang unik dan mencerminkan bidaya masing-masing. Motif ragam hias ada 4 taitu ragam hias flora, ragam hias fauna, ragam hias geometris dan ragam hias figuratif. Berikut ini adalah contoh beberapa kain  yang bermotif figuratif:

Motif Swastika

Motif batik ini membentuk huruf Z dan zig zag saling berlawanan satu sama lain. Motif ini biasnya di gunakan mempercantik misalnya hiasan pada ujung-ujung kain. Swastika membentuk motif banji jika di hubungkan satu sama lain tempa henti.

Motif Pilin

Motif pilin adalah motif membentuk huruf S. Kumpulan motif pilin akan membentuk deretan yang unik. Motif ini bisa di variasikan misalnya SS atau bentuk pilin ganda. Pilin bisa di gunakan motif utama bisa juga sebagai motif pinggir kain.

Baca juga:  Sajikan Data Diatas Dalam Bentuk Diagram Lingkaran

Motif Meander

Motif meander adalah motif berbentuk huruf T dan akan berkembang dengan ragam hias swastika. Motif ini digunakan untuk pinggiran kain.

Motif Kawung

Motif kawung adalah biji aren. Dalam Bahasa sunda kasung adalah arena atau kolang kaling. Ragam hias ini memiliki bentuk seperti buah arem yang di potong secara melintang dan akan terlihat empat biji aren. Motig ini di gunakan sebagai motif utama kain.

Motif Tumpal

Motif tumpal adalah motif pada dasarnya membentuk segitiga. Segitiga yang di susun sedemikian rupa agar membentuk motif yang unik.

Motif Ceplokan

Motif ceplokan adalah ragam hias yang memiliki hanya satu motif. Namun motif ini du ulang-ulang hingga membentuk motif yang unik. Motif Kawung juga termasuk motif ceplokan.

Baca Juga:

GAMBAR RAGAM HIAS FIGURATIF | Gambar Motif Ragam Hias

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Terangkan Tentang Pola Ragam Hias Bentuk Meander

Sumber: https://idkuu.com/jelaskan-tentang-pola-ragam-hias-bentuk-meander