Terangkan Yang Dimaksud Dengan Posisi Streamline Pada Renang

Cantiks.com – Terangkan Yang Dimaksud Dengan Posisi Streamline Pada Renang

Melakukan Gerakan Gaya Bebas Dalam Olahraga Renang

Renang adalah suatu jenis olahraga yang memang paling kerap dipertandingkan, namun juga tak sedikit orang yang melakukan olahraga berenang saat ingin bersantai atau hendak menurunkan berat badan. Banyak orang menyukai berenang karena menyehatkan sekaligus juga bisa bersenang-senang bermain dengan air. Ada berbagai macam gaya renang, dan salah satunya adalah teknik renang gaya bebas.

Bila breast stroke adalah istilah untuk teknik renang gaya dada, maka istilah lain untuk renang dengan gaya bebas disebut juga dengan istilah crawl stroke. Gaya ini di tahun 1844 pertama kali diperlombakan dan para perenang sangat memfavoritkan renang gaya bebas ini sebab memang menjadi teknik yang paling gampang dipelajari.

Tak hanya mudah dipelajari sekaligus dilatih, gaya bebas merupakan gaya renang paling cepat. Inti dari teknik gaya renang ini adalah dengan meluncur ke permukaan air di mana bagian dada menempel pada permukaan air, tepat seperti juga akan gerakan teknik renang gaya kupu-kupu dan dada. Pada gerakan teknik ini, posisi tubuh serta kaki lurus sejajar sambil kepala masuk ke dalam air.

Untuk dapat menjadi mahir dalam melakukan teknik renang gaya bebas, sebaiknya kita belajar setiap teknik gerakannya secara benar. Berikut di bawah ini adalah serangkaian gerakan penting untuk dipelajari. Walau memang berjudul “bebas” tetap saja ada teknik yang perlu dilatih supaya performa matang.

  1. Posisi Tubuh

Berenang dengan gaya bebas tak sesepele itu, posisi tubuh tetap harus tepat dan sewaktu Anda melakukannya posisi badan perlu streamline. Streamline di sini artinya mulai dari kaki hingga kepala sejajar dan lurus. Ini adalah awal ketika Anda masuk ke dalam air dan memosisikan diri.

  1. Teknik Meluncur

Sama halnya dengan teknik-teknik renang yang lainnya, bahkan juga seperti pada teknik renang gaya punggung, pada renang gaya bebas juga memiliki teknik meluncur. Melatih cara meluncur sangatlah penting agar dapat menghindari kesalahan yang berakibat pada cedera anggota tubuh. Maka dari itu, di bawah ini adalah langkah untuk latihan Anda:

  • Pertama-tama, ambil posisi dengan berdiri di tepi kolam renang di mana satu kaki harus menempel di dinding kolam.
  • Bungkukkan tubuh ke depan dan pastikan bahwa posisinya sejajar dengan permukaan air sambil juga meluruskan kedua tangan.
  • Tolakkan kaki yang tadinya menempel di dinding kolan sekuat tenaga dan jaga keseimbangan tubuh serta pertahankan supaya tetap lurus.
  • Pastikan posisi tangan dan kaki tetap lurus sejajar dengan permukaan air hingga berhenti.
  • Selama dalam kondisi meluncur, jangan lupa untuk mengambil napas dan usahakan melakukannya dengan benar.
  • Langkah tersebut dapat dilakukan secara berulang kali hingga akhirnya kecepatannya stabil dan sudah melesat jauh ke depan.
Baca juga:  Desain Meja Kompor Dan Tempat Cuci Piring

(Baca juga: posisi pemain basket – cara memegang raket bulu tangkis)

  1. Teknik Lengan

Pada gerakan lengan atau tangan juga ada tekniknya tersendiri. Supaya teknik renang dalam gaya bebas dapat dilakukan secara sempurna, ada 2 jenis latihan yang kiranya perlu untuk Anda coba dan praktikkan, yakni latihan di tempat serta latihan sambil meluncur. Berikut adalah kedua cara latihan yang dimaksud:

Latihan di Tempat

  • Ketika melakukan latihan gerakan lengan atau tangan di tempat, awali dengan posisi berdiri di mana sambil membungkukkan tubuh dan meluruskan kedua tangan.
  • Tariklah ke bawah tangan kanan Anda seraya menekan air hingga akhirnya ada di bawah tubuh.
  • Ketika tangan sudah ada atau sampai di bawah tubuh, secara cepat bengkokkan atau tekuk siku dan angkat tangan.
  • Lakukan langkah tersebut secara bergantian pada tangan kanan dan juga kiri.
  • Diperlukan latihan gerakan berulang untuk bisa menyempurnakannya tanpa membuat kesalahan sehingga latihan di tempat bisa dianggap selesai.

Latihan Sambil Meluncur

  • Dalam melakukan latihan tangan sambil meluncur, pastikan untuk melemparkan lebih dulu kedua tangan ke depan secara bergantian dan dengan tangan tersebut, mulailah melakukan gerakan mendayung.
  • Sewaktu mendayung dengan kedua tangan secara bergantian, miringkanlah tubuh sedikit.
  • Masukkan tangan ke dalam air satu detik supaya laju tubuh ketika melakukan latihan ini bisa terus stabil dan seimbang lurus ke depan.
  1. Teknik Kaki

Setelah posisi tubuh, teknik meluncur dan teknik lengan, teknik gerakan kaki pun menjadi hal yang vital untuk dipelajari juga. Untuk menjadi mahir dalam gerakan kaki, Anda perlu melakukan latihan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Lakukan latihan gerakan kaki secara bersamaan dengan waktu latihan meluncur.
  • Atau bisa juga Anda lakukan dengan mengambil posisi berdiri menghadap dinding kolam sambil kedua tangan berpegangan ke dinding kolam.
  • Luruskan kedua kaki ke belakang dengan posisi tubuh menelungkup.
  • Gerakkan kaki ke atas dan bawah bergantian dan pastikan kedua kaki harus berada dalam kondisi yang rileks atau lemas. Karena jika terlalu tegang atau kaku, hasil gerakan tentu tak akan menjadi baik.
  • Pada saat melakukan gerakan kaki, pastikan memulai dari pangkal paha.
Baca juga:  Dibawah Ini Merupakan Ciri Khas Musik Tradisional Kecuali

(Baca juga: teknik dasar permainan bola basket – teknik lempar lembing)

  1. Teknik Pernapasan

Dalam renang, memang gaya yang paling nyaman untuk mengambil napas adalah gaya punggung, namun bukan berarti gaya bebas terlalu sulit dalam melakukan hal tersebut. Untuk teknik pernapasan dalam gaya bebas, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda tahu:

  • Miringkan kepala sampai mulut berada di atas permukaan air, lalu inilah kesempatan bagi Anda untuk mengambil napas.
  • Muka setelah itu harus kembali menghadap masuk ke dalam air dan barulah napas dihembuskan.
  • Saat pengambilan napas, perenang gaya bebas hanya diperbolehkan memiringkan kepala pada satu arah saja. Jika ingin ke kiri yang kiri saja dan kalau ke kanan, kanan saja.
  • Pastikan gerakan saat mengambil napas Anda lakukan di saat yang sama ketika tangan bekerja mendayung.
  1. Teknik Koordinasi Pernapasan dan Gerakan Lengan

Teknik berikutnya yang juga sangat penting untuk dikuasai adalah koordinasi antara gerakan lengan dan juga teknik pernapasan. Berikut adalah langkah dalam membuat teknik gerakan Anda sempurna dan maksimal:

  • Ambil posisi awal di mana gerakan meluncurlah yang perlu dilakukan dan kemudian gerakan tangan dapat menyusul.
  • Setelahnya, lemparkan gerakan lengan ke depan dan lakukanlah gerakan secara bergantian seperti yang sudah dijabarkan pada teknik lengan.
  • Ketika melakukan gerakan mendayung, jangan lupa untuk memiringkan kepala ke satu arah saja supaya bisa mengambil napas.
  • Setelah itu, hadapkan muka Anda kembali ke dalam air supaya bisa mengembuskan napas yang sudah diambil.
  • Secara berkelanjutan dan terus-menerus Anda bisa melakukan gerakan ini.
  • Latihlah secara berulang kali agar hasilnya makin baik dan maksimal.
  1. Teknik Koordinasi Gerakan Lengan dan Kaki

Setelah mengetahui bagaimana cara latihan dalam memadukan gerakan pernapasan dan juga gerakan lengan yang baik dan sempurna, teknik koordinasi lainnya juga perlu untuk Anda latih. Supaya gerakan lengan dan kaki dapat berimbang sehingga menciptakan gerakan harmonis dan baik, berikut adalah langkah-langkah untuk dilatih dan dipraktikkan.

  • Di awal, tentu gerakan meluncurlah yang perlu dilakukan.
  • Kedua kaki gerakkanlah ke atas dan ke bawah secara bergantian dan pangkal paha dapat menjadi pusat gerakan.
  • Lengan kanan tariklah ke bawah dada sambil menekuk bagian siku, lalu lanjutkan dengan lengan kanan didorong ke belakang dan luruskan.
  • Pastikan ketika melakukan gerakan di atas, telapak tangan hadapkan ke belakang tepat di sisi paha.
  • Lengan kanan kemudian tariklah ke atas dengan menekuk siku, dilanjutkan dengan memasukkan telapak tangan ke depan hingga lurus.
  • Lengan kiri tariklah ke bawah seperti yang dilakukan pada gerakan lengan kanan sebelumnya.
  • Secara bergantian, Anda perlu menggerakkan lengan kanan dan kiri.
  1. Teknik Koordinasi Kaki, Lengan dan Pernapasan
Baca juga:  Archaebacteria Dan Eubacteria Memiliki Persamaan Ciri Yaitu

Teknik koordinasi gerakan belum selesai karena yang paling penting lainnya pun Anda perlu melatih koordinasi teknik dasar. Berikut ini bisa disimak dan dipraktikkan akan latihan teknik dasar yang dimaksud:

  • Ambil posisi awal yang benar untuk meluncur.
  • Lakukanlah gerakan kaki dengan secara bergantian dipukulkan naik-turun.
  • Lengan juga perlu digerakkan dengan melemparnya ke arah depan dan dilakukan secara bergantian.
  • Saat lengan bekerja mendayung, miringkan kepala ke satu arah seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan agar dapat mengambil napas. Lalu muka bisa kembali menghadap ke bawah atau ke dalam air untuk bisa mengembuskan napas yang baru saja diambil.

Proses pengambilan napas bisa Anda lakukan sesudah minimal selesai 1 set gerakan, yakni mencakup gerakan tangan kanan dan kiri. Hanya saja, pengambilan napas khusus bagi perenang profesional adalah saat sesudah melakukan 8 set gerakan dan hal tersebut tak sulit lagi bagi mereka.

Nah untuk kalian yang ingin berminat untuk berenang kalian bisa ikut les renang di bandung murah di SenSen Swimming School. SenSen Swimming School adalah salah satu penyedia jasa les renang bandung murah, yang merupakan tempat yang tepat untuk memulai belajar berenang bagi anak anak maupun dewasa, SenSen Swimming School atau dapat disingkat S2SS merupakan badan usaha dibidang jasa Kursus Renang guna menyediakan tenaga pelatih bagi siapapun yang ingin belajar berenang. S2SS memiliki pelatih yang telah memiliki pengalaman dan memiliki kepribadian yang baik dan menarik khususnya untuk melatih anak anak.

Join Sensen Swimming School

Terangkan Yang Dimaksud Dengan Posisi Streamline Pada Renang

Sumber: http://www.lesrenangbandung.com/blog/2018/05/31/melakukan-gerakan-gaya-bebas-dalam-olahraga-renang/