Untuk Menjaga Keselamatan Pada Gerak Loncat Harimau Adalah

Cantiks.com – Untuk Menjaga Keselamatan Pada Gerak Loncat Harimau Adalah

Klik Untuk Melihat Jawaban

#Jawaban di bawah ini, bisa saja salah karena si penjawab bisa saja bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban dari berbagai sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Selamat Belajar..#

Answered by 5dregensleyer on Fri, 03 Jun 2022 10:09:08 +0700 with category Penjaskes and was viewed by 345 other users

mohon maaf bila ada kesalahan saat saya menjawab soal 🙂

1.) jawabnnya B. jongkok

pembahasan saat melakukan loncat harimau pada bagian akhir posisi kepala di

tekuk kepala hingga menunduk dan punggung dibulatkan. Akhiri dengan posisi jongkok serta tangan lurus ke depan.

2.) jawabannya B. forward foll

pembahasan :gerak loncat harimau serupa dengan gerak guling depan ( forward roll )

3.) jawabannya A. matras

pembahasan :Alat yang digunakan untuk melakukan gerakan senam lantai diantaranya :> peti lompat ( spring box )> kuda-kuda lompat > matras > papan tolakan

4.) jawabnnya D. sikap lilin

pembahasan :latihan lompat harimau meliputi guling depan ( forward roll) dan salto kedepan.


5.) jawabannya D.



tangan-kepala bagian belakang-pinggul-punggung

pembahasan :
urutan tubuh dengan matras melakukan loncat harimau adalah gerakan tangan-kepala bagian belakang-pinggul-punggung


6.) jawabannya guling depan
pmebahasan Gerak loncat harimau sama dengan melakukan salto guling depan atau  latihan guling depan


7.) jawabannya B.

dagu harus menyentuh dadapambahasan :

Untuk menjaga keselamatan pada gerak loncat harimau posisi kepala menunduk hingga dagu menyentuh pada bagian dada

8.) jawabannya A. memperjelas gerakan

pembahasan : memberikan rintangan pada latihan loncat harimau tujuannya untuk memperjelas gerakan yang akan di lakukan dan penempatan pendaratan yang di lakukannya.

9.) jawabannya D. tiger sprong

pembahasan :lompat harimau juga di sebuat sebagai tiger sprong

Baca Juga: Coba Buat gambar ilustrasi berdasarkan cerita yang anda buat!​

en.dhafi.link Merupakan Website Kesimpulan dari forum tanya jawab online dengan pembahasan seputar pendidikan di indonesia secara umum. website ini gratis 100% tidak dipungut biaya sepeserpun untuk para pelajar di seluruh indonesia. saya harap pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang mencari jawaban dari segala soal di sekolah. Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga sehat selalu.

Contoh gambar loncat harimau

Loncat harimau adalah suatu gerakan yang mirip dengan gerakan guling depan, hanya saja gerakan lompat harimau diawali dengan sebuah loncatan yang jauh ke depan dan mendarat dengan kedua lengan lalu diteruskan dengan berguling seperti pada gerakan guling depan.

Gerakan lompat harimau disebut juga dengan istilah tiger sprong yang termasuk dalam kategori gerakan senam lantai.

Urutan perkenaan tubuh dengan matras saat melakukan loncat harimau adalah dengan melakukan 3 tahapan berikut, yaitu sikap awalan, pelaksanaan, dan akhiran.

Berikut ini akan kami jelaskan cara melakukan loncat harimau dari awalan sampai sikap akhir yang benar. Silakan kalian simak dengan seksama.

Baca juga:

Contoh gambar lompat harimau

Sikap Awalan Dalam Gerakan Loncat Harimau

  • Berdiri dengan tegak, lalu kedua lengan lurus di samping, pandangan lurus ke depan.
  • Kemudian mengambil ancang-ancang dengan kecepatan disesuaikan, di beberapa langkah terakhir bersiap melakukan tolakan.
Baca juga:  Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Bahasa Inggris Dan Surat Lamarannya

Sikap Pelaksanaan Dalam Gerakan Loncat Harimau

  • Tolakkan kedua kaki sehingga badan terdorong ke depan. Pergelangan kaki dan lutut dibengkokan untuk meloncat ke atas dan ke depan.
  • Setelah itu tungkai lurus, lengan diayunkan ke depan untuk mendarat lebih dulu pada matras.

Sikap Akhiran Dalam Gerakan Loncat Harimau

Tekuk kepala hingga menunduk dan punggung dibulatkan sehingga terjadi gulingan ke depan. Akhiri dengan posisi jongkok serta tangan lurus ke depan.

Untuk menjaga keselamatan pada gerak loncat harimau adalah dengan menyiapkan perlengkapan yang memadai, diantaranya yaitu matras dan sebuah penanda yang berguna sebagai penunjang keselamatan dan keberhasilan dalam melakukan gerakan loncat harimau.

Selain harus menyiapkan peralatan yang memadai, berikut ini ada beberapa sikap yang harus diperhatikan saat melakukan lompat harimau untuk menghindari cedera.

  1. Loncatan kedua kaki dan tumpuan tangan harus kuat
  2. Jangan gunakan tumpuan kepala pada saat pendaratan setelah lompatan
  3. Gerakan berguling yang kurang sempurna
  4. Berhenti di tengah jalan saat sudah melakukan gerakan lompatan, gerakan lompatan yang tidak sempurna atau tidak total akan mengakibatkan risiko cidera.
  5. Menghindari rasa takut dan ragu saat sedang melakukan rangkaian gerakan.

Demikian pembahasan lengkap mengenai
Contoh Gambar Dan Cara Melakukan Gerakan Loncat Harimau Yang Benar. Semoga materi ini dapat menambah pengetahuanmu.

Gambar 6.3 Gerakan melayang dan mendarat pada loncat jongkok a. Menjaga keseimbangan badan dengan melenturkan kaki dan sikap kaki terbuka, tapi tidak terlalu lebar. b. Badan dalam keadaan rileks dan tidak kaku sehingga dapat menekuk lutut, pinggul, dan mengangkat kedua lengan. c. Mendarat dengan jarak minimal 2 meter dari kuda-kuda atau peti loncat. d. Mendarat harus dengan dua kaki menyentuh lantai atau matras lebih dulu. Latihan 1 Kerjakan latihan berikut dengan benar 1. Sebutkan dua jenis loncat jongkok 2. Bagaimana cara melakukan awalan pada loncat jongkok? 3. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan tolakan 4. Lakukan latihan tahap awalan dengan bimbingan guru Anda 5. Lakukan latihan tahap tolakan dengan bimbingan guru Anda

B. Loncat Harimau dan Flik-lak

1. Loncat Harimau

Loncat harimau adalah suatu gerakan yang menyerupai gerak guling depan, hanya saja gerakannya dilakukan dengan awalan suatu loncatan jauh ke depan dan mendarat dengan kedua lengan dan berguling seperti pada guling depan. Latihan loncat harimau dapat dilakukan dengan tahapan gerak seperti berikut.

1. Awalan

Sikap berdiri mengambil ancang-ancang dengan kecepatan disesuaikan, di beberapa langkah terakhir bersiap melakukan tolakan. Pelajaran 6 Aktivitas Senam 1 75 Di unduh dari : Bukupaket.com 2. Pelaksanaan Tolakkan kedua kaki sehingga badan terdorong ke depan. Pergelangan kaki dan lutut dibengkokan untuk meloncat ke atas dan ke depan. Setelah itu tungkai lurus, lengan diayunkan ke depan, dan mendarat lebih dulu pada matras. 3. Akhiran Tekuk kepala hingga menunduk dan punggung dibulatkan sehingga terjadi gulingan ke depan. Akhiri dengan posisi jongkok serta tangan lurus ke depan. Gambar 6.4 Gerakan loncat harimau Gambar 6.5 Gerakan lik-lak

2. Flik-lak

Flik-flak merupakan salah satu jenis senam ketangkasan yang tidak menggunakan alat. Gerakan lik-lak adalah gerak senam dengan melentingkan badan ke belakang, bertumpu dengan kedua tangan dan melemparkan kaki secara membusur, diakhiri dengan pendaratan kedua kaki. Sebelum menguasai gerakan lik-lak, Anda harus menguasai gerakan lenting tangan, guling ke belakang, dan sikap kayang yang dimulai dari sikap berdiri. Jika pengusaan ketiga teknik dasar senam tersebut sudah terkuasai, Anda dapat meningkatkan kemampuan dengan berlatih gerakan senam lik-lak. Cara melakukan gerakan lik-lak sebagai berikut. 1. Ancang-ancang dengan berdiri tegak. Selanjutnya, lakukan gerakan melenting ke belakang hingga kedua lengan telapak tangan bertumpu pada matras. 2. Lakukan tolakan kedua kaki ke atas sehingga kedua kaki bergerak membusur di atas, kemudian kedua kaki secara bersama-sama mendarat dalam posisi berdiri kembali. Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMAMA Kelas XI 76 Di unduh dari : Bukupaket.com Latihan 2 Kerjakan latihan berikut dengan benar 1. Apa yang dimaksud dengan loncat harimau? 2. Jelaskan tahapan-tahapan untuk melakukan gerak loncat harimau 3. Apa yang dimaksud dengan gerakan lik-lak? 4. Lakukan gerakan guling ke depan sebagai gerak dasar loncat harimau 5. Lakukan gerakan guling ke belakang dan sikap kayang Gerak senam mempunyai tingkat kesulitan dan risiko cedera yang cukup tinggi. Utamakan faktor keselamatan bersama, setiap melakukan gerak, lakukan dengan cara yang telah dicontohkan oleh guru, tidak bercanda dan selalu berhati-hati. Info Olahraga Anda telah mempelajari teknik lompatan melewati peti atau kuda-kuda loncat dan loncat harimau. Apakah Anda dapat melakukan loncat jongkok dan loncat harimau dengan teknik yang benar? Releksi Rangkuman • Loncat jongkok mengandung unsur gerakan yang terdiri atas empat tahapan, yaitu awalan, tolakan, melayang, dan mendarat. • Loncat harimau adalah suatu gerakan yang menyerupai gerak guling depan. Gerakannya dilakukan dengan awalan suatu loncatan jauh ke depan dan mendarat dengan kedua lengan dan berguling seperti pada guling depan. • Tahapan gerak loncat harimau terdiri atas awalan – pelaksanaan – akhiran. • Gerakan lik-lak adalah gerakan senam dengan melentingkan badan ke belakang, bertumpu dengan kedua tangan, dan melemparkan kaki secara membususr, diakhiri dengan pandaratan kedua kaki. • Gerakan yang perlu dikuasai sebelum melakukan gerakan lik-lak yaitu gerakan lenting tangan, guling ke belakang, dan sikap kayang yang dimulai dari sikap berdiri. Jika Anda belum dapat melakukan gerak lak-lik sendiri, mintalah teman Anda untuk membantu. Gerakan lik-lak dapat dikombinasikan dengan menggunakan peti lompat. Hal ini bertujuan untuk merasakan lentingan badan ke belakang dan mempersiapkan pendaratan lebih lama. Pelajaran 6 Aktivitas Senam 1 77 Di unduh dari : Bukupaket.com Evaluasi 6

Baca juga:  Hukum Tajwid Pada Surat an Nisa Ayat 59

A. Berilah tanda silang × pada jawaban yang benar

1. Akhiran gerak loncat harimau adalah …. a. berdiri lutut ditekuk b. jongkok c. berdiri tegak d. duduk e. meloncat 2. Gerak loncat harimau serupa dengan gerak …. a. back roll b. forward roll c. roll kop kip d. neck kip e. handspring 3. Layangan pertama dalam loncatan di atas peti adalah …. a. menolakkan kaki dan bertumpu pada tangan b. tolakan kaki sampai sikap mendarat di matras c. saat tumpuan tangan sampai sikap mendarat d. saat menolakkan kaki sampai tangan menumpu pada peti loncat e. saat mendarat pada matras 4. Yang disebut layangan kedua adalah …. a. menolakkan kaki dan bertumpu pada tangan b. tolakan kaki sampai sikap mendarat di matras c. saat tumpuan tangan sampai sikap mendarat d. saat menolakkan kaki sampai tangan menumpu pada peti loncat e. saat mendarat pada matras 5. Urutan perkenaan tubuh dengan matras saat melakukan loncat harimau adalah …. a. pinggul – pinggang – kepala – badan bagian belakang b. tangan – pinggul – punggung – kepala bagian belakang c. lengan – badan bagian belakang – pinggul – kaki d. pinggul – badan bagian belakang – kepala – tangan e. tangan – kepala bagian belakang – pinggul – punggung Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMAMA Kelas XI 78 Di unduh dari : Bukupaket.com 6. Latihan gerak loncat harimau dapat dilakukan dengan …. a. melakukan handspring b. melakukan guling depan dan berdiri dengan dua tangan c. melakukan handstand d. melakukan salto e. melakukan guling belakang 7. Untuk menjaga keselamatan pada gerak loncat harimau adalah …. a. kaki harus lurus b. dagu harus menyentuh dada c. kepala bagian atas harus menyentuh matras d. posisi perkenaan kepala pada dahi e. badan harus rileks 8. Saat melakukan gerak pendaratan dalam loncatan di atas peti yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut, kecuali…. a. mendarat sejauh mungkin dari papan tolak b. mendarat dengan dua kaki lebih dulu c. menjaga keseimbangan badan d. sikap badan tidak kaku pada saat mendarat e. mendarat sekitar 2 meter dari tempat tolakan lengan 9. Memberikan rintangan pada latihan loncat harimau tujuannya adalah…. a. mendapatkan gerak lebih indah b. memperjelas gerak c. meluruskan seluruh tubuh d. mendapatkan loncatan lebih tinggi e. mendarat tidak kaku dan seimbang 10. Nama lain loncat harimau adalah…. a. roll kop kip b. tiger strong c. radslagh d. tigersprong e. handspring Pelajaran 6 Aktivitas Senam 1 79 Di unduh dari : Bukupaket.com

Baca juga:  Pemain Yang Bertugas Menjaga Daerah Belakang Dinamakan

B. Jawablah soal-soal berikut dengan benar

1. Sebutkan tahapan-tahapan dalam loncat jongkok 2. Apa yang dimaksud dengan layangan awal atau layangan pertama? 3. Uraikan cara melakukan pendaratan pada loncat kuda-kuda 4. Jelaskan gerakan akhir dari loncat harimau 5. Jelaskan cara melakukan gerakan lik-lak

C. Praktikkanlah latihan-latihan berikut ini

1. Lakukan rangkaian gerak loncat jongkok di atas peti loncat berikut • Awalan • Tolakan • Melayang • Mendarat 2. Lakukan gerakan-gerakan loncat harimau dengan teknik yang benar Mintalah bimbingan dari guru Anda jika menemukan kesulitan dalam melakukannya. 3. Lakukan gerakan lik-lak dengan teknik yang benar Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMAMA Kelas XI 80 Di unduh dari : Bukupaket.com Pelajaran 7 Aktivitas Ritmik Olahraga tidak selamanya membosankan. Olahraga juga bisa menyenangkan. Salah satu caranya, yaitu dengan diiringi musik. Senam merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan iringan musik. Senam seperti ini disebut senam ritmik atau senam irama. Dengan adanya iringan musik, gerakan-gerakan senam dapat dilakukan dengan bersemangat. Selain itu, tubuh pun tidak terlalu merasakan kelelahan yang berarti k a r e n a t e r h i b u r o l e h i r i n g a n musik. Pada pelajaran ini, Anda akan melakukan senam ritmik. Lakukanlah dengan semangat sesuai dengan iringan musik Sumber: www.corbis.com Di unduh dari : Bukupaket.com Aktivitas Ritmik Peta Konsep K a ta Kunci • Latihan inti • Pemanasan • Pendinginan • Peregangan Aktivitas Aerobik • Senam aerobik • Senam ritmik • Senam simpai • Senam taebo Senam Ritmik Tanpa Alat Senam Taebo Pemanasan Pendinginan Latihan Inti Senam Ritmik Menggunakan Alat Senam Simpai Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMAMA Kelas XI 82 Di unduh dari : Bukupaket.com Aerobik adalah suatu latihan dengan ritme musik dan gerakan yang teratur. Dengan melakukan latihan tersebut, tubuh Anda dapat mengembangkan atau memompa oksigen dengan teratur dan meningkatkan denyut jantung. Salah satu contoh senam aerobik adalah senam taebo. Taebo adalah program kebugaran yang bersifat “aerobik” di mana gerakan- gerakannya dikreasikan dari gerakan taekwondo dan boxing tinju, seperti menendang, meninju, mengelak, dan aerobik tanpa lompatan. Manfaat dari senam taebo adalah sebagai berikut. • Memperkuat otot jantung dan paru-paru. • Meningkatkan daya tahan tubuh kebugaran. • Dapat menurunkan berat badan. • Mempertahankan berat badan. • Menguatkan otot lengan, bahu, dan kaki. Dalam melakukan senam taebo, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut. • Memakai sepatu karet. • Minum air putih, sebelum dan setelah berlatih. • Untuk pemula waktu latihan taebo, lakukan tendangan rendah saja. • Lakukan peregangan otot. • Membuang napas melalui mulut dan menarik napas melalui hidung. Seperti senam lain pada umumnya, senam taebo terdiri atas tiga bagian, yaitu pemanasan, latihan inti, dan pendinginan.

1. Pemanasan

Untuk Menjaga Keselamatan Pada Gerak Loncat Harimau Adalah

Sumber: https://belajardenganbaik.com/untuk-menjaga-keselamatan-pada-gerak-loncat-harimau-adalah