Uraikan Mengenai Bahan Produksi Pembuatan Kerajinan Bahan Kayu

Cantiks.com – Uraikan Mengenai Bahan Produksi Pembuatan Kerajinan Bahan Kayu

Kayu merupakan salah satu jenis yang dapat dijadikan bahan dasar pembuatan kerajinan tangan. Meskipun kayu memiliki tekstur yang keras, ternyata dapat dibuat menjadi kerajinan tangan lho. Kerajinan tangan dari kayu ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan dasar kerajinan tangan yang lainnya.

Kayu sebagai salah satu bahan dasar kerajinan tangan ini memiliki ciri, berat, dan ketebalan yang berbeda-beda. Sehingga dalam pembuatan kerajinan tangan ini Anda juga harus melakukan pemilihan agar lebih mudah membentuk kayu pada saat pembuatan kerajinan tangan.

A. Pemilihan Kayu Untuk Kerajinan

Sebelum membuat kerajinan, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal dibawah ini yang akan membantu kamu menjadikan kerajinan kayu yang dibuat menjadi berkualitas.

1. Kadar air rendah

Jangan lupa perhatikan juga kadar air dalam kayu pada saat memilih bahan untuk membuat kerajinan kayu. Bahan baku kayu ini tentu mempunyai kadar air yang berbeda di setiap jenisnya. Maka dari itu keringkan terlebih dahulu kayu yang akan digunakan dalam membuat kerajinan tangan dari kayu.

Kamu harus pastikan dahulu bahwa kadar air dari kayu tersebut benar-benar rendah. Karena jika kadar air dalam kayu tersebut masih tinggi maka sangat berpotensi membuat kayu itu mudah susut atau bahkan mudah retak. Untuk mengetahui kadar air dalam kayu tersebut, kamu bisa menggunakan alat tes kadar air khusus untuk kayu.

2. Tahanan terhadap rayap

Apabila ingin bahan kerajinan tangan dari kayu awet tentu wajib memilih kayu yang berkualitas. Gunakan kayu yang anti rayap dan membuat kerajinan lebih awet dipajang. Jika kayunya tidak anti rayap bisa juga kamu lapisi kayu dengan bahan lapis anti rayap saat pada proses finishing.

Selain itu juga agar produk kerajinan tangan menjadi lebih tahan terhadap rayap letakkan produk di tempat yang bersih. Lakukan perawatan juga terhadap produk secara bertahap. Penggunaan produk anti rayap juga sangat disarankan.

Baca juga:  Sebutkan Alat Alat Kelengkapan Lembaga Peradilan

3. Kayu harus tua

Ciri-ciri kayu yang baik untuk kerajinan haruslah berwarna tua, dimana kayu yang tua tidak akan mudah menjadi bubuk dan rayap tidak begitu mau mendekatinya. Kayu yang masih muda umumnya masih berwarna cerah, seperti kuning cerah akan tetapi jika kayu tersebut sudah tua ia akan berwarna merah tua, kayu dengan warna merah tua inilah yang penulis rekomendasikan kepada para pengrajin semua untuk di buatkan kerajinan, seperti meja, kursi, dll

4. Kayu yang keras dan berat

Ciri-ciri kayu yang baik untuk kerajinan selanjutnya adalah kayu yang memiliki tekstur yang keras dan mempunyai bobot yang berat, kayu dengan tekstur yang keras di percaya lebih tahan lama di bandingkan kayu yang lemah, seperti halnya kayu busa, bobot kayu yang berat juga sangat mempengaruhi kualitas karya seni yang akan di hasilkan, tapi untuk bobot kayu ada baiknya anda sesuaikan dengan karya seni apa yang akan anda buat, jika karya seni tersebut untuk membuat kipas dan benda lain yang ringan ada baiknya di pertimbangkan lagi

B. Jenis Kayu Untuk Kerajinan

Pemilihan kayu sebelum membuat benda kerajinan sangatlah penting. Ini akan membuat kerajinan menjadi lebih bagus dan tahan lama, sehingga kerajinan kayu yang dibuat tidak mudah rusak dalam kondisi apapun.

1. Kayu jati

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu jati sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

    • Lebih awet, bahkan sering disebut rajanya kayu
    • Mempunyai warna cokelat muda
    • Daya retak rendah
    • Memiliki serat yang lurus
    • Tekstur sedikit agak kasar
    • Biasa dijadikan bahan untuk membuat mebel

2. Kayu Pinus

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu pinus sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

    • Jenis kayu yang paling diidolakan
    • Harganya relatif murah
    • Mempunyai bobot ringan
    • Memiliki warna kayu yang lebih terang dan mudah dicampur dengan warna lain
    • Sering dibuat berbagai macam jenis kerajinan dari kayu yang estetik
    • Cocok digunakan dalam membuat perabotan minimalis

3. Kayu Mahoni

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu mahoni sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

    • Sering digunakan sebagai bahan mebel dan alat olahraga
    • Bisa juga digunakan untuk membuat alat musik
    • Tingkat ketahanan dan keawetan yang pas
    • Tidak tahan dengan rayap
    • Sering digunakan sebagai bahan untuk kerajinan tangan

4. Kayu Trembesi

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu trembesi sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

Baca juga:  Cara Membuat Rak Tanaman Dari Kayu

    • Memiliki warna putih di pinggiran dan warna cokelat di tengah
    • Umumnya digunakan dalam membuat meja
    • Sering digunakan untuk membuat berbagai macam furnitur

5. Kayu Akasia

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu akasia sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

    • Penampilan hampir mirip dengan jati
    • Memiliki warna kecokelatan
    • Memiliki serat yang unik dan mudah diproses

6. Kayu Sonokeling

Berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu sonokeling sehingga cocok dijadikan benda kerajinan.

    • Hampir sama dengan kayu jati
    • Warna cokelat dan serat yang bagus
    • Jenis kayu yang mudah diproses
    • Biasa digunakan dalam pembuatan kertas

C. Contoh produk Kerajinan dari Kayu

1. Lampu Meja/Hias

Kerajinan dari kayu paling kreatif, unik dan estetik yang pertama adalah lampu meja atau lampu hias kayu. Bagaimana tidak unik? Lampu kayu ini, secara keseluruhan terbuat dari kayu, sehingga terlihat sangat estetik.

Bahkan, jika kamu memiliki peralatan memadai, kamu juga bisa membuat kerajinan lampu kayu ini, sendiri di rumah. Untuk jenis kayu yang bisa digunakan adalah kayu magohani hingga pinus.

Namun, jika kamu ingin membelinya tanpa repot-repot bikin, lampu meja dan hias dari kayu, juga sudah banyak dijual. Untuk harganya, dibanderol mulai dari Rp100.000 hingga jutaan.

2. Cermin Hias

Kerajinan dari kayu yang saat ini juga sangat dicari pecinta kayu adalah cermin hias untuk ruang tamu. Cermin hias kayu, biasa berbentuk bulat, dan terbuat dari kayu jati.

Dengan nilai estetika yang tinggi dan dengan bahan kayu berkualitas tinggi, maka tak heran jika harga cermin hias kayu cukup tinggi. Untuk satu buah cermin hias kayu berukuran diameter 60 cm mulai Rp500.000.

3. Standing Hanger

Selain menjadi hiasan yang estetik, standing hanger dari kayu juga sangat fungsional. Kerajinan dari kayu ini juga tak kalah diminati oleh pecinta kayu.

Harga untuk satu buah standing hanger kayu bisa dibanderol mulai dari Rp300.000. Bagaimana? Berminat untuk memiliki satu kerajinan kayu yang estetik ini?

4. Casing Handphone

Tidak hanya untuk pelindung, casing handphone juga digunakan untuk mempercantik tampilan ponsel kamu. Namun, kerajinan dari kayu berupa casing handphone kini juga sangat menarik perhatian pecinta kayu loh.

Meski tak secara keseluruhan terbuat dari kayu, namun casing handphone kayu ini memang membuat ponsel, jadi terlihat unik. Untuk harga satu buah casing handphone dibanderol mulai Rp100.000.

5. Backdrop Lamaran/Pernikahan

Tren lamaran dan pernikahan dengan tema rustik dan vintage, membuat para pengrajin kayu kebanjiran pesanan untuk membuat backdrop dari kayu. Ada berbagai desain backdrop dari kayu yang ditawarkan.

Baca juga:  Kelemahan Patung Dari Bahan Lilin Adalah

Namun, secara keseluruhan semua desainnya tetap terlihat minimalis dan simpel. Belum lagi jika ditambah dengan hiasan bunga, dan kerajinan dari kayu lainnya.

Backdrop lamaran dan pernikahan dari kayu ini, juga bisa dijadikan rekomendasi lamaran dan pernikahan yang modern dan cukup terjangkau.

Bahkan, saat ini juga sudah banyak jasa dekorasi, yang menawarkan backdrop dari kayu, dengan tema rustik dan vintage. Namun, jika kamu mau buat sendiri tanpa jasa dekorasi, kamu bisa membeli backdrop dengan harga mulai dari Rp500.000 hingga Rp2 juta-an.

6. Name Signage Kayu

Selain backdrop, kerajinan dari kayu ini juga sering dicari para calon pasangan menjelang pernikahan, yakni tulisan nama dari kayu. Biasanya, pesanan nama dari kayu ini bisa berupa inisial atau nama lengkap kedua pasangan.

Tidak hanya untuk keperluan lamaran atau pernikahan, tulisan dari kayu juga bisa digunakan untuk keperluan rumah. Misalnya tulisan nomor rumah, blok, hingga RT/RW. Untuk harga pesanan nama dari kayu dibanderol Rp100.000 per nama, berukuran 30 cm.

7. Vas Bunga

Vas bunga juga ternyata bisa dibuat dari bahan kayu. Kerajinan kayu berupa vas bunga ini tentunya tidak kalah menariknya dari vas bunga pada umummya.

Terlebih vas bunga kayu juga bisa diisi dengan berbagai macam bunga kering, yang bisa lebih menambah kesan vintage.

8. Miniatur Mainan

Selain beberapa kerajinan kayu diatas, kayu juga bisa dijadikan benda kerajinan berupa miniatur mainan yang sangat cocok dipajang di ruang tamu kamu.

9. Gantungan Kunci

Inspirasi dalam membuat kerajinan dari kayu bisa juga didapatkan dari beberapa sumber. Gantungan kunci juga sebenarnya merupakan salah satu aksesoris atau hiasan yang simpel. Selain itu, pembuatannya juga bisa dikatakan mudah dan tidak rumit.

10. Tasbih

Untuk yang memeluk agama Islam, tasbih merupakan salah satu cara untuk berdzikir. Banyak sekali orang islam yang membutuhkan tasbih ini untuk kebutuhan dalam beribadah. Membuat tasbih dengan kayu juga bisa menjadi salah satu ide dalam membuat kerajinan kayu.

11. Wall Organizer

Wall Organizer alias rak diding, selain bermanfaat untuk merapikan gelas bisa juga untuk hiasan dinding yang unik.

12. Nampan dari Bahan Kayu

Fungsi dari nampan ialah untuk menjadi saran dalam membawa gelas yang berisikan minuman untuk para tamu. Dengan adanya nampan dari kayu ini akan menjadikan nampan lebih awet dan tahan lama.

D. Contoh Pembuatan produk Kerajinan dari Kayu

referensi:


https://www.cekaja.com/
https://failfaire.org/
https://rajinlah.id/


Uraikan Mengenai Bahan Produksi Pembuatan Kerajinan Bahan Kayu

Sumber: https://www.prapedia.com/2021/01/kerajinan-dari-bahan-kayu.html