6 Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami

0
26

Cara Menghilangkan Karang GigiCara Menghilangkan Karang Gigi – Mengkonsumsi makanan dalam memenuhi kebutuhan energi ialah suatu hal yang  diperlukan baik untuk pertumbuhan tubuh atau untuk melakukan berbagai macam aktifitasa sehari – hari. Dalam hal tersebut tenrtunya akan membuat bagian anggota tubuh bekerja dengan ekstra dalam memproses makanan yang masuk kedalam mulut . Untuk tahap pertama tersebut sangat erat hubungannya dengan gigi.

Salah satu masalah yang dialami oleh gigi yaitu terbentuknya karang gigi, walaupun karang gigi tersebut tidak berpengaruh terhadap fisik seseorang tetapi memberikan perasaan tidak enak untuk penampilan dalam berkomunikasi dalam keseharian . Selain dapat membatasi komunikasi sehari – hari karang gigi juga dapat menimbulkan bau mulut. Apa sih sebenarnya penyebab terjadinya karang gigi? Karang gigi terbentuk akibat penumpukan plak gigi yang dibiarkan terlalu lama, plak terbentuk dari sisa – sisa makanan yang masih tersisa pada sela – sela gigi ini merupakan salah satu faktor kotoran tetap berada dalam sela gigi dikarenakan menyikat gigi secara tidak benar. Berikut penyebab karang gigi yang harus diketahui supaya  dapat menjadi referensi untuk mencegah terjadinya karang gigi.

Penyebab karang gigi

  • Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman yang beralkohol.
  • Kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi , diantaranya tidak menyikat gigi secara teratur.
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula .
  • Mulut kering, dikernakan terlalu banyak mengkonsumsi obat – obatan .

Nah, Itulah beberapa penyebab terjadinya karang gigi yang biasa membuat kamu  kurang mengetahui hal tersebut dan biasanya menganggap sepele hal tersebut. Tetapi untuk kamu  yang ingin menghilangkan karang gigi secara alami tanpa harus pergi ke dokter,bisa dilakukan dengan beberapa cara . Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi :

Baca juga:  Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan Tanpa Efek Samping

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi secara alami , berikut cara yang dapat dilakukan :

  1. Menyikat gigi secara teratur dan benar

Untuk kamu  yang sudah melakukan sikat gigi secara teratur mungkin merasa sudah aman dari gangguan karang gigi. Apakah cara penyikatan gigi sudah benar ? bila sudah benar , berarti kamu  sudah dipastikan bebas dari karang gigi . Sebaliknya bila belum benar cara menyikat gigi , berati menutup kemungkinan karang gigi akan sangat mudah terbentuk pada sela gigi. Kenapa demikian ? Menyikat gigi secara teratur belum tentu menjamin gigi terhindar dari karang gigi, melainkan dengan cara yang baik dan benar.

  1. Dengan cara flossing

Flossing merupakan salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi, nah untuk kamu  yang belum mengetahui cara ini , berikut penjelasannya. Flossing dikenal juga dengan membersihkan sela gigi dengan menggunakan benang, dimana benar yang digunakan dapat menyikat bagian gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Untuk kamu  yang belum pernah moncoba cara ini sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Bila memang cara ini dapat dilakukan , gunakanlah benang yang memiliki ukuran yang kecil untuk hasil maksimal.

  1. Menggunakan mouthwash

Berkumur dengan menggunakan mouthwash ialah cara yang efektif yang biasa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi, dimana kuman yang berada pada gigi akan hilang . Untuk lebih efektif lakukan mouthwash setelah sikat gigi atau setelah melakukan flossing.

  1. Membersihkan dengan baking soda

Baking soda ialah salah satu bahan yang dapat menghilangkan karang gigi yang sangat bandel, kemudian bagaimana cara menggunakan untuk menghilangkan karang gigi ? Untuk penggunaan baking soda sangatlah mudah yaitu : Ambil baking soda sebanyak 1 sendok , kemudian dicampur dengan garam . campuran tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi dengan cara digosokkan pada bagian gigi dengan menggunakan sikat gigi ,lakukan dengan rutin untuk hasil maksimal.

  1. Mengunyah daun sirih
Baca juga:  6 Cara Mencegah Cacingan Pada Anak

Daun sirih sudah dikenal olah nenek moyang kita pada zaman dahulu untuk bahan penguat gigi, yang mana , pada daun sirih terdapat kandungan zat seperti minyak atsiri, karoren, asam nikotinat, riboflavin, dan tiamin. Tak hanya itu,  masih terdapat juga vitamin C, asam amino, gula, tannin,  diastase, zat samak, pati, dan kavikol. Itulah kenapa daun sirih dapat mencegah terjadinya plak pada gigi.

  1. Menggunakan Kulit Jeruk

Mungkin sebagian kita tidak begitu mengetahui apa sih khasiat dari kulit jeruk untuk kesehatan gigi ? Tak  hanya buahnya yang kaya nutrisi, kulit jeruk juga memiliki zat-zat dan vitamin yang ternyata berguna untuk membersihkan gigi. Tak perlu cara yang rumit, cukup ambil beberapa bagian kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Kemudian kulit jeruk tinggal digosokkan pada gigi secara merata. Lebih baik cara ini dilakukan di malam hari dan didiamkan sampai pagi. Kemudian setelah bangun tidur di pagi hari, kamu  dapat segera berkumur untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa zat kulit jeruk.

Nah, Itulah beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi yang mungkin sudah diderita oleh sebagian orang, selain cara tersebut alangkah baik disertai dengan cara pencegahan setelah melakukan cara tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini