Pengobatan Kanker Kulit dan Penyebabnya

0
27

Pengobatan Kanker Kulit dan PenyebabnyaPengobatan Kanker Kulit – Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di antara individu, dan orang yang menderita juga ketakutan, tetapi cara terbaik untuk menghilangkan rasa takut terhadap kanker adalah dengan mendeteksi kanker pada tahap awal dan mendapatkan perlindungan pengangkatan dari tubuh Anda. Kanker kulit adalah kanker yang paling umum. Kanker sel skuamosa basal dan sekitar 5,4 juta didiagnosis setiap tahun. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling mematikan, yang menyebabkan sekitar 76.380 kasus kanker kulit. Artikel ini menjelaskan tentang perawatan kanker kulit dan penyebabnya.

Pengobatan Kanker Kulit dan Penyebabnya

Kanker kulit umum terjadi dan merusak pertumbuhan kulit secara lokal (ganas atau kanker). Itu berasal dari sel-sel yang berbaris di sepanjang membran kulit yang memisahkan lapisan superfisial kulit dari lapisan yang lebih dalam. Berbeda dengan kanker kulit melanoma, kebanyakan jenis kanker kulit memiliki potensi terbatas untuk menyebar ke bagian tubuh lain dan menjadi ganas. Secara umum ada tiga jenis utama kanker kulit.

  • Karsinoma sel basal (paling umum)
  • Karsinoma sel skuamosa
  • Melanoma (berasal dari pigmen penghasil sel kulit)

Karsinoma sel basal (paling umum)

Karsinoma sel basal adalah kanker paling umum pada manusia. Lebih dari 1 juta kasus karsinoma sel basal baru didiagnosis di Amerika Serikat setiap tahun. Ada beberapa tipe karsinoma sel basal, termasuk tipe superfisial, tipe nodular variasi yang paling mengkhawatirkan, dan tipe morfeaform yang paling umum, paling menantang untuk diobati karena tumor sering tumbuh ke jaringan sekitarnya (menyusup) tanpa batas yang jelas.

Baca juga:  Cara Mengecilkan Perut Secara Alami dan Sehat

Karsinoma sel skuamosa

Karsinoma sel skuamosa mencapai sekitar 20% dari semuanya tetapi lebih sering terjadi pada orang yang mengalami imunosupresi. Dalam kebanyakan kasus, perilaku biologis sangat mirip dengan karsinoma sel basal dengan kemungkinan kecil namun signifikan untuk menyebar jauh. Yang kurang umum termasuk melanoma, karsinoma sel Merkel, fibroxanthoma atipikal, kulit limfoma, dan dermatofibrosarcoma.

Melanoma

Bentuk kanker yang paling berbahaya, pertumbuhan kanker ini berkembang ketika kerusakan DNA sel kulit yang belum diperbaiki (paling sering disebabkan oleh radiasi ultraviolet dari matahari atau tanning bed) memicu mutasi (cacat genetik) yang menyebabkan sel kulit berkembang biak dengan cepat dan terbentuk. tumor ganas. Tumor yang berasal dari melanosit ini menghasilkan pigmen di lapisan basal epidermis. Melanoma sering menyerupai tahi lalat, beberapa berkembang dari tahi lalat.

Mayoritas melanoma berwarna hitam atau coklat, tetapi bisa juga berwarna merah muda, merah, ungu, biru atau putih. Melanoma terutama disebabkan oleh paparan sinar UV yang intens, kadang-kadang (sering menyebabkan kulit terbakar), terutama pada mereka yang secara genetik cenderung terkena penyakit ini. Melanoma membunuh sekitar 10.130 orang di Amerika Serikat setiap tahun. Jika melanoma dikenali dan diobati sejak dini, hampir selalu dapat disembuhkan, tetapi jika tidak, dapat berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lain, yang menjadi sulit untuk diobati dan bisa berakibat fatal.

Faktor risiko kanker kulit meliputi:

  • Terlalu banyak terpapar radiasi ultraviolet (UV) (dari sinar matahari atau tanning bed dan lampu)
  • Kulit pucat (cerah ke langit, tidak terlalu kecokelatan atau seluruhnya, rambut merah atau pirang alami)
  • Terkena tar batubara, parafin, senyawa arsenik, atau beberapa jenis minyak dalam jumlah besar
  • Anda atau anggota keluarga Anda menderita kanker kulit
  • Beberapa tahi lalat biasa
  • Berat terbakar sinar matahari di masa lalu
  • Melemahkan sistem kekebalan
  • Usia yang lebih tua (meskipun melanoma juga ditemukan pada orang muda)
Baca juga:  Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan Tanpa Efek Samping

Tanda dan gejala kanker kulit

Kanker kulit dapat ditemukan lebih awal, dan Anda serta penyedia layanan kesehatan Anda memainkan peran kunci dalam mencari kanker kulit. Pelajari cara memeriksa kulit Anda apakah ada perubahan. Jika Anda memiliki gejala, temui penyedia: Setiap perubahan pada kulit Anda, terutama dalam ukuran atau warna tahi lalat, pertumbuhan, atau tempat, atau pertumbuhan baru (meskipun tidak memiliki warna).

  • Kulit bersisik, kasar, mengalir, berdarah, atau perubahan pada tampilan area kulit
  • Sakit yang tidak kunjung sembuh
  • Penyebaran pigmen (warna) ke luar batas, seperti pewarna gelap yang menyebar di tepi tahi lalat atau menandai gejala
  • Perubahan sensasi, seperti gatal, nyeri atau nyeri

Bagaimana mencegahnya?

Dalam memilih pilihan pengobatan kanker kulit terbaik, dokter Anda akan mempertimbangkan usia dan kesehatan umum Anda, jenis dan ukuran kanker, di mana ia berada di tubuh Anda dan apa yang Anda inginkan. Pilihan pengobatan juga akan tergantung pada apakah kanker kulit telah menyebar ke tempat lain di tubuh Anda. Jenis pengobatan meliputi:

  • Operasi
  • Tahan
  • Gesekan
  • Radioterapi
  • Kemoterapi

Kanker kulit adalah bentuk kanker paling umum di banyak negara. Dua jenis yang paling umum adalah kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Mereka biasanya terbentuk di kepala, wajah, leher, tangan, dan lengan. Jenis kanker kulit lainnya, melanoma, lebih berbahaya tetapi lebih jarang. Pengobatan kanker kulit untuk jenis kanker ini biasanya dengan kemoterapi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini