Berapa Lama Bulu Sayap Ayam Bangkok Tumbuh

Berapa Lama Bulu Sayap Ayam Bangkok Tumbuh

five Cara Mengatasi Bulu Sayap Ayam Bangkok yang Mudah Patah

Ayam bangkok adalah salah satu jenis ayam yg digemari masyarakat untuk dijadikan peliharaan. Banyak orang yang memelihara ayam Bangkok karena memiliki keindahan baik tubuh maupun bentuk tubuh dari ayam pada umumnya. Namun memelihara ayam bangkok juga harus dilakukan dengan rutin mengecek kondisinya.

ayam bangkok, sayap ayam bangkok, ayam kampung, ayam jago, ayam berkokok,

Salah satu masalah yang terjadi adalah bulu sayap ayam bangkok yang mudah patah. Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah ini terjadi. Salah satunya adalah karena ukuran kendang yang terlalu sempit. Jadi, ketika ayam mengepakkan sayapnya, malah terkena kendang. Masalah lain yang menyebabkan bulu sayap ayam patah juga bisa karena kecelakaan dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Mengatasi Bulu Sayap Ayam Bangkok Mudah Rontok?

Bagi Teman-teman yang saat ini memelihara ayam bangkok di rumah, Teman-teman perlu tahu apa saja yang harus Teman-teman lakukan agar bulu sayapnya tidak mudah. Dengan begitu, ayam bangkok akan tumbuh sehat. Bukan tidak mungkin malah akan menarik minat orang lain untuk melihat ayam bangkok tersebut dan malah tertarik untuk membelinya.

i. Mandikan Setiap Pagi

Untuk membuat bulu sayap ayam bangkok tidak mudah patah dan selalu mengkilap adalah dengan memandikannya setiap pagi. Tentu saja ayam juga perlu mandi agar terlihat segar. Kemudian Teman-teman bisa menjemur ayam tersebut di pagi hari untuk membuatnya semakin terlihat segar dan sehat. Namun perlu diingat bahwa ketika memandikan ayam bangkok jangan menggunakan shampoo terlalu banyak. Hal ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada warna bulu ayam.

Baca juga:  Lama Waktu Pertandingan Sepak Bola Untuk Senior Adalah

Jika Teman-teman ingin memandikan ayam bangkok dengan shampoo, cukup lakukan satu bulan sekali. Dengan begitu, Teman-teman tetap menjaga warna alami dari bulu ayam tersebut dan ayam bangkok akan tetap terlihat elegan.

two. Jangan Jemur Berlebihan

Memang sebelumnya Saya menyarankan agar Teman-teman menjemur ayam bangkok setelah memandikannya. Namun Teman-teman juga harus tahu bahwa jangan sampai menjemur ayam berlebihan. Jika Teman-teman menjemurnya terlalu lama, kondisi ini malah bisa mengakibatkan bulu ayam tersebut terlihat kusam. Solusinya adalah jemur ayam bangkok cukup ane sampai dengan two jam setiap hari.

3. Memberi Minyak Ikan

Cara mengatasi bulu sayap ayam bangkok yang mudah patah juga bisa dengan memberinya minyak ikan. Teman-teman perlu mengoleskan minyak ikan pada bulu ayam tersebut cukup sekali dalam seminggu. Jika Teman-teman memberikan minyak tersebut secara berlebihan, malah akan berakibat bulu ayam bangkok yang akan cepat tumbuh.

4. Ketika Mabung, Beri Pakan Jagung

Ketika ayam bangkok mengalami mabung atau bulunya rontok, sebaiknya Teman-teman beri makan jagung. Alasannya karena jagung mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk mempercepat proses penumbuhan bulu pada ayam. Teman-teman perlu mengecek apakah ada bulu yang patah. Jika Teman-teman menemukannya, Teman-teman bisa mencabut bulu tersebut.

Namun pencabutan  bulu ayam bangkok juga harus Teman-teman lakukan dengan hati-hati. Dengan begitu, ayam tidak stress ketika Teman-teman cabut bulunya.

5. Berikan Kandang yang Pas

Seperti yang sudah Saya jelaskan bahwa penyebab bulu sayap ayam bangkok rontok karena ukuran kendang yang kurang pas. Jadi, Teman-teman harus membuat kendang ayam dengan ukuran yang pas. Sama halnya dengan rumah yang harus selalu dibuat nyaman, kendang ayam pun juga harus Teman-teman buat senyaman mungkin.

Baca juga:  Daya Listrik 450 Va Berapa Kwh

Demikian informasi tentang beberapa cara mengatasi bulu sayap ayam bangkok yang mudah patah yang bisa Teman-teman coba sendiri di rumah. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang mengatasi bulu ayam bangkok yang mudah patah, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengatasi bulu ayam bangkok yang mudah patah ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Berapa Lama Bulu Sayap Ayam Bangkok Tumbuh

Source: https://www.andik.my.id/2021/06/5-cara-mengatasi-bulu-sayap-ayam-bangkok-yang-mudah-patah.html