Jelaskan Definisi Kesalahan Dalam Permainan Bola Voli

Jelaskan Definisi Kesalahan Dalam Permainan Bola Voli

Pertanyaan:

Jawaban:

  • Pukulan servis terlalu jauh
  • Pukulan smash tidak melewati net
  • Satu tim memegang menyentuh bola lebih dari 3 kali
  • Pemain sengaja menyentuh tiang net ketika permainan berlangsung

Pelajaran: Penjaskes
Tingkat:

Pertanyaan lainnya:

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Jelaskan pengertian Embrace for Attack/Cover for Deverence dalam bola voli

Cover for Attack/Cover for Deverence: istilah yang dilakukan pemain untuk menutupi daerah sendiri ketika diserang oleh lawan.

Jelaskan pengertian Deciding game dalam bola voli

Deciding game: istilah yang dipakai untuk menyebut pertandingan penentuan.

Jelaskan pengertian Deciding fix dalam bola voli

Deciding set: istilah yang dipakai pada waktu akhir pertandingan yang emnentukan, biasanya pada akhir penentuan.

Itulah jawaban dari pertanyaan “Jelaskan Kesalahan Kesalahan Dalam Memainkan Bola Permainan Bola Voli” dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Netting

Sportpedia: Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli

Foto: Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli yang sering terjadi di dalam lapangan (Foto: REUTERS)

TIDAK
banyak orang tahu pelanggaran dalam permainan bola voli. Pasalnya pelanggaran dalam cabang olahraga ini bahkan sering terjadi tanpa kesengajaan.

Oleh sebab itu, sepantasnya para pemain mengetahui jenis-jenis pelanggaran dalam permainan ini guna terjadinya permainan yang lebih seru dan kompetitif.

Baca Juga :
Sportpedia: Latihan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kali Sportpedia akan mengulas sejumlah pelanggaran dalam permainan bola voli yang sering terjadi di lapangan. Berikut daftarnya:

1. Pelanggaran servis

Baca Juga :
Sportpedia: Tujuan Permainan Bola Basket

Baca juga:  Tradisi Musik Barat Berawal Untuk Tujuan Spiritual Yaitu

Menjadi bagian awal dalam permainan ini tapi juga yang paling penting. Oleh sebab itu, ada beberapa jenis pelanggaran servis, yakni:

  • Pemain mengulur waktu terlalu lama
  • Tidak memukul bola dengan tangan
  • Bola servis keluar lapangan pertandingan, menyentuh net, melewati sisi batas net
  • Kaki pemain menginjak garis dan/atau posisi kaki terangkat
  • Tidak melambungkan bola terlebih dahulu
  • Permainan voli ada yang namanya giliran servis. Bila ada pemain yang melakukan servis di luar gilirannya, maka dinyatakan pelanggaran.

2. Pelanggaran netting

Pelanggaran jenis ini berhubungan dengan net. Pertama, pemain dianggap melakukan pelanggaran bila sengaja atau tak sengaja menyentuh net saat permainan voli berlangsung.

Kedua, pemain mengulurkan tangan melebihi cyberspace sebelum lawan selesai menyerang. Ketiga, mengganggu lawan dengan menarik kaus agar fokus teralihkan.

iii. Pelanggaran dalam permainan berlangsung

Baca Juga :
Sportpedia: Manfaat Permainan Bola Besar

Terdapat beberapa kesalahan yang umum dilakukan pemain saat permainan sedang berlangsung. Pertama, bola dipukul dua kali secara berturut-turut oleh satu orang yang sama tanpa adanya kontak dengan lawan lebih dulu.

Kedua, adanya pukulan tidak sempurna atau double. Ketiga pemain secara sengaja atau tidak memasuki lapangan permainan voli lebih dari three kali.

iv. Pelanggaran di luar pemainan berlangsung

Pelanggaran ini berkaitan dengan tingkah laku pemain serta segala peraturan ketika wasit tidak menghitung permainan tengah bergulir. Pertama, kedua tim hanya diberi kesempatan masing-masing satu kali Time Out, sehingga lebih dari itu adalah pelanggaran.

Kedua, baik pelatih, pemain dan ofisial tidak diperkenankan mengucap kata-kata kasar dan kurang sopan. Ketiga, pemain pengganti harus melapor lebih dulu kepada wasit, jika tidak maka dinyatakan pelanggaran.

Editor : Saliki Dwi Saputra

Dalam setiap permainan olahraga tentunya terdapat beberapa kesalahan yang terjadi di tengah-tengah berlangsungnya pertandingan tersebut. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa penjelasan mengenai 10 pelanggaran dalam permainan bola voli yang paling umum dilakukan.

Beberapa Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli

Ketika melakukan sebuah permainan olahraga, penting bagi seseorang untuk mengetahui cara bermain dan aturan-aturan yang tidak boleh dilakukan. Akan tetapi biasanya dalam pertandingan bola voli beberapa kesalahan tetap dilakukan. Yuk simak bentuk pelanggaran dalam kegiatan tersebut.

1. Kesalahan saat Melakukan Servis

Servis merupakan bagian terpenting dalam permainan bola voli. Akan tetapi pemain biasanya juga melakukan pelanggaran. Pertama, mereka mengulur waktu terlalu lama saat mengambil bola. Kedua, pemain tidak memukul bola dengan tangan.

Ketiga, bola servis keluar lapangan pertandingan, melewati bawah net, menyentuh cyberspace atau bahkan melewati sisi batas net. Keempat, kaki pemain menginjak garis batas ketika melakukan servis serta posisi kaki juga diangkat. Kelima, mereka tidak melambungkan bola terlebih dulu.

Baca juga:  Jelaskan Sejarah Jembatan Periode Romawi Kuno

BACA JUGA:
Posisi Pemain Voli dan Aturan Rotasi

two. Kesalahan atau Pelanggaran Internet

Selain kesalahan saat melakukan servis, pemain biasanya juga mendapatkan pelanggaran yang berhubungan dengan net. Pertama sengaja maupun tidak, pemain biasanya menyentuh tiang net saat permainan voli masih berlangsung.

Kedua, pemain mengulurkan tangan melewati atau melebihi net sebelum tim lawan menyelesaikan serangan mereka. Ketiga, mengganggu lawan baik dengan cara menyentuh maupun menarik kaos voli agar fokus menjadi teralihkan.

3. Pemain Keluar dari Posisi yang Seharusnya

Posisi dari masing-masing pemain saat permainan bola voli sedang berlangsung sangat penting untuk diperhatikan. Kesalahan yang sering dilakukan yaitu pertama ketika melakukan service mereka menginjak daerah untuk melakukan servis sebelum dipukul ke arah lawan.

Kedua, pemain tidak berada dalam posisi dimana mereka harusnya berdiri ketika melakukan servis atau memukul bola. Ketiga, pemain pengganti kembali masuk dalam permainan yang berlangsung tetapi menempati tempat berbeda dari sebelumnya.

four. Pelanggaran Ketika Sedang Bermain

Sebutkan definisi kesalahan dalam bermain pada permainan bola voli

Saat pertandingan sedang berlangsung, tentu terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan pemain. Di antaranya yaitu pertama, ketika bola dalam posisi permainan dipukul dua kali secara bersamaan oleh satu orang. Kedua, memukul bola dua kali berturut-turut.

Ketiga, melakukan dua kali sentuhan secara berturut-turut pada bola tanpa adanya kontak dengan lawan terlebih dahulu. Keempat, pemain secara sengaja ataupun tidak memasuki lapangan permainan voli lebih dari three kali.

5. Pelanggaran Akibat Tingkah Laku Pemain, Pelatih, dan Director Tim

Pelanggaran akibat tingkah laku orang-orang yang terlibat dalam pertandingan tersebut juga sering terjadi. Di antaranya yaitu pertama, baik dari pemain, pelatih, ataupun managing director tim mengeluarkan atau mengucapkan kata-kata kasar dan kurang sopan.

BACA JUGA:
Sejarah Bola Voli dan Perkembangannya

Kedua, pemain pengganti, pelatih, manajer tim ataupun supporter dari salah satu peserta masuk ke dalam lapangan selama pertandingan masih berlangsung. Ketika, menghentakkan kaki maupun berteriak dengan keras guna mengalihkan perhatian lawan.

6. Melempar atau Menangkap Bola Saat Pertandingan Berlangsung

Ketika sedang bermain permainan bola voli, pemain tidak diperbolehkan untuk melempar maupun menangkap bola. Jadi, benda tersebut harus dipantulkan karena hal itu sudah menjadi peraturan dari olahraga ini sehingga akan dihitung sebagai bentuk pelanggaran.

Baca juga:  Sewa Apartemen Murah Di Depok 1 Juta Per Bulan

Maka dari itu, jika Anda sedang bermain bola voli alangkah baiknya untuk tidak melempar atau menangkap bola agar pelanggaran dapat dihindari. Cukup lakukan sesuai aturan yang ada sehingga permainan menjadi lebih seru dan tidak tersendat karena sebuah kesalahan.

7. Pelanggaran saat Melakukan Smash

Ketika melakukan smash, terkadang seorang pemain secara tidak sadar melewati garis pembatas net sehingga masuk ke daerah lawan. Meskipun kaki mereka tidak jatuh di sana, akan tetapi saat melompat mereka mengayunkan ke depan.

Hal itu sama saja mereka melewati garis pembatas. Jadi, ketika Anda bermain bola voli harap perhatikan posisi dengan betul sehingga yang tadinya dapat menjadi poin tim sendiri malah diambil oleh lawan.

8. Pelanggaran Ketika Menggunakan Dua Kali Time Out

Ketika bermain dalam sebuah pertandingan bola voli, biasanya salah satu tim merasa butuh mengatur kembali strategi. Maka dari itu, salah satu dari keduanya biasanya meminta sedikit waktu yang biasanya disebut time out.

Time out ini dalam setiap pertandingan bola voli hanya satu kali kesempatan yang boleh digunakan. Jika tim memintanya 2 kali, maka itu dianggap pelanggaran. Jadi, manfaatkan waktu tersebut dengan baik ketika sedang bermain.

BACA JUGA:
Teknik Dasar Bola Voli yang Perlu Kamu Ketahui

9. Pelanggaran Pemain Pengganti Saat akan Masuk Lapangan

Sebuah pelanggaran yang terjadi di tengah-tengah pertandingan bola voli tidak hanya dilakukan oleh mereka ketika berada di lapangan saja. Pemain pengganti pun dapat melakukan kesalahan ketika akan masuk menggantikan rekan lainnya.

Pemain pengganti akan dianggap melanggar jika mereka tidak memberikan laporan kepada wasit atau pencatat pertandingan ketika akan masuk ke lapangan untuk menggantikan rekan satu timnya. Jadi, lapor dulu ya saat akan bermain.

ten. Pelanggaran Saat Pemain Sengaja Membuang Bola Keluar Lapangan

Ketika berada di tengah-tengah pertandingan bola voli, terkadang ada salah satu pemain yang dengan sengaja memukul atau membuang bola keluar lapangan. Ternyata hal itu masuk pada salah satu bentuk pelanggaran dalam olahraga ini.

Selama pertandingan masih berlangsung, pemain tidak diperbolehkan untuk membuang bola keluar lapangan dengan sengaja. Karena hal tersebut dapat mengganggu jalannya pertandingan yang kemudian membuatnya menjadi kurang nyaman.

Demikian beberapa penjabaran mengenai 10 pelanggaran dalam permainan bola voli yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi para pembaca ketika akan bermain olahraga satu ini.

Jelaskan Definisi Kesalahan Dalam Permainan Bola Voli

Source: https://idkuu.com/sebutkan-definisi-kesalahan-dalam-bermain-pada-permainan-bola-voli