Perbedaan Anak Kucing Persia Dan Kucing Kampung Yang Baru Lahir

Perbedaan Anak Kucing Persia Dan Kucing Kampung Yang Baru Lahir

KOMPAS.com
– Kenali tanda-tanda apabila kucing peliharaan Anda akan melahirkan sehingga tahu cara membantunya.

Seperti mamalia pada umumnya, kucing berkembang-biak dengan cara kawin, hamil, dan melahirkan. Secara naluriah, kucing betina bisa menjalani persalinan tanpa bantuan apa pun.

Namun bagi pemilik kucing yang piaraannya tengah menjalani kehamilan pertama, proses persalinan perdana bisa menjadi sesuatu yang mendebarkan.

Oleh karena itu, pemilik kucing perlu mengetahui sejumlah hal berikut ini, agar proses persalinan bisa berlangsung lancar dan tidak menimbulkan kendala.

Baca juga: 5 Penyakit yang Bisa Menyerang Kucing dan Cara Pengobatannya

Tanda-tanda kucing akan melahirkan


PINTEREST.com/PINTEREST
Kucing hamil .

Melansir The Spruce Pets, masa kehamilan kucing sekitar 60 hari. Setelah itu, akan ada sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa kucing akan segera melahirkan, antara lain:

one. Mencari tempat nyaman

Satu atau dua hari sebelum melahirkan, kucing akan mencari tempat yang nyaman, aman, dan tenang untuk melahirkan. Biasanya, kucing akan bersembunyi di bawah dipan, atau di dalam lemari.

two. Mulai gelisah

Menjelang waktu persalinan, kucing akan mulai mondar-mandir dengan gelisah, terengah-engah, dan menjilat-jilat tubuhnya secara berlebihan, terutama di area alat kelaminnya.

Selain itu, kucing juga akan sering mengeong dan mulai kehilangan nafsu makan.

3. Puting susu menonjol

Selain perubahan perilaku, kucing yang akan melahirkan juga memperlihatkan sejumlah perubahan fisik, salah satunya puting susunya akan lebih menonjol, membesar, dan berubah warna menjadi lebih cerah atau gelap.

Baca juga:  Micellar Water Garnier Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

iv. Kontraksi mulai terlihat

Saat akan melahirkan, kucing akan tampak mengalami kontraksi atau gerakan rahim untuk mendorong bayinya keluar.

Kontraksi ini dapat membuat kucing mengeong kesakitan, dan terkadang juga diikuti dengan keluarnya darah atau cairan lain.

Baca juga: Video Viral Kucing Diberi Makan Durian, Apakah Boleh? Ini Kata Dokter

Mempersiapkan persalinan kucing

Ilustrasi kucing hamil.
PIXABAY/ABUBIBOLABU
Ilustrasi kucing hamil.

Kucing biasanya akan memilih tempat yang tersembunyi untuk melahirkan. Meski demikian, pemilik kucing bisa membantu menyiapkan tempat tersebut agar persalinan berjalan lancar.

Ada sejumlah barang yang bisa dipersiapkan, yaitu:

  • Kardus: Masukkan kucing yang akan melahirkan ke dalam kardus yang cukup besar, dan letakkan di tempat yang dirasa aman. Kardus berfungsi agar kucing melahirkan anak-anaknya di satu tempat, dan tidak terpisah-pisah.
  • Handuk/kain: Lapisi kardus dengan handuk atau kain bersih yang tidak terpakai. Handuk bisa memberikan rasa hangat yang dapat membuat kucing lebih rileks, dan menstimulasi persalinan.

Baca juga: Imlek 2022 Tahun Macan Air, Berikut Asal-Usul Shio, dan Alasan Tidak Ada Shio Kucing

Proses persalinan kucing

Melansir laman PDSA, badan amal kedokteran hewan di Inggris, kucing akan mengalami kontraksi kuat begitu proses persalinan dimulai.

Berikut adalah sejumlah hal yang perlu diperhatikan, saat kucing mulai melahirkan:

  • Anak kucing pertama biasanya lahir dalam waktu 30 menit setelah mulai mengejan, dan anak kucing berikutnya akan lahir setiap 10-lx menit
  • Anak kucing biasanya lahir di dalam selaput tipis, yang harus dirobek induk kucing, agar mereka bisa bernapas
  • Untuk setiap anak kucing yang lahir, induk kucing juga akan mengeluarkan ari-ari/plasenta.
  • Plasenta biasanya keluar sekitar 15 menit setelah setiap anak kucing lahir, tetapi tidak selalu keluar dalam urutan yang sempurna, terkadang beberapa anak kucing lahir sebelum plasenta mereka keluar.
  • Jika memungkinkan, hitung plasenta saat dikeluarkan sehingga Anda dapat memberi tahu dokter hewan jika ada plasenta yang tertinggal, karena dapat meningkatkan risiko infeksi.
  • Anak kucing lahir dengan kepala lebih dulu, tetapi anak kucing yang lahir dengan ekornya lebih dulu juga termasuk normal, meski mungkin membutuhkan waktu lebih lama.
  • Di antara setiap kelahiran anak kucing, induk kucing harus tetap nyaman, dan sebisa mungkin menjilati serta memberi makan bayinya.
  • Biasanya dibutuhkan waktu 4-16 jam untuk semua anak kucing dilahirkan, tetapi bisa lebih lama.
  • Hal yang sangat penting, segera hubungi dokter hewan jika induk kucing telah mengejan selama 20-xxx menit tanpa melahirkan anak kucing, atau menangis kesakitan.
Baca juga:  Abu Abu Campur Merah Jadi Warna Apa

Ilustrasi bayi kucing
PublicDomainPictures from Pixabay
Ilustrasi bayi kucing

Baca juga: Benarkah Bulu Kucing Bisa Bikin Mandul? Ini Penjelasan Dokter

Setelah persalinan

Bayi P. rubiginosus, spesies kucing terkecil di dunia yang lahir di suaka margasatwa Inggris selalu berada di bawah pengawasan induknya. Pengelola margasatwa belum mengetahui jenis kelamin dua bayi kucing itu.
Rusty-spotted Cat, 2020. Porfell Wildlife Park and Sanctuary/IFL Science
Bayi P. rubiginosus, spesies kucing terkecil di dunia yang lahir di suaka margasatwa Inggris selalu berada di bawah pengawasan induknya. Pengelola margasatwa belum mengetahui jenis kelamin dua bayi kucing itu.

Dikutip dari laman Cats Protection, yayasan perlindungan kucing di Inggris, bayi kucing yang baru lahir perlu dijaga agar tetap hangat, karena mereka bisa dengan mudah kedinginan.

Jika induk kucing perhatian, ia akan membersihkan anak kucing dan menggunakan panas tubuhnya untuk menjaga agar anak kucing tetap hangat.

Namun, jika induk kucing kelelahan pasca persalinan, dia mungkin akan mengabaikan anak-anaknya.

Dalam hal ini, pemilik kucing perlu memberikan kehangatan, dengan cara menyelimuti bayi kucing menggunakan handuk tipis atau kain bersih.

Setelah lahir, anak kucing akan segera menyusu dari induknya. Jika mereka belum mulai menyusu setelah setengah jam, pandu bayi-bayi itu dengan lembut ke arah puting induknya.

Baca juga: Mengenali Perbedaan Karakter pada Kucing Jantan dan Betina

Jika anak kucing tidak mulai menyusu, mintalah saran dari dokter hewan. Pemilik mungkin perlu mulai memberi anak kucing susu pengganti, tetapi hal ini harus dilakukan berdasarkan instruksi cermat dari dokter hewan.

Perlu diingat, anak kucing yang baru lahir tidak bisa hidup lebih dari beberapa jam tanpa susu.

Jika induk kucing bersikap tenang pasca melahirkan, pemilik bisa memeriksa setiap anak kucing yang lahir dengan cepat dan tenang.

Konsultasikan dengan dokter hewan, jika ada kekhawatiran yang dirasakan.

Nah itulah tanda-tanda apabila kucing peliharaan Anda akan melahirkan sehingga kini Anda tahu cara membantunya.

Baca juga:  Pembuatan Sebuah Pondasi Rumah Dapat Dihitung Jumlah Volume Pekerjaannya

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Perbedaan Anak Kucing Persia Dan Kucing Kampung Yang Baru Lahir

Source: https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/12/173000465/kenali-tanda-tanda-kucing-akan-melahirkan-dan-cara-membantunya?page=all