Perbedaan Burung Tledekan Gunung Dan Bakau

Perbedaan Burung Tledekan Gunung Dan Bakau


Ciri-ciri atau perbedaan tledekan gunung dan tledekan bakau

– burung tledekan atau biasa juga di sebut dengan burung sulingan di kalangan pecinta kicau sampai saat ini masih banyak di minati untuk dipelihara, meskipun untuk kelas lomba burung tledekan saat ini sudah semakin jarang ditemui, namun hal itu tidak menyurutkan para penghobby untuk memeliharanya. Hal itu dikarenakan suaranya yang merdu sehingga sangat cocok dijadikan sebagai klangenan di rumah.

Perbedaan Tledekan Gunung dan Tledekan bakau

Burung tledekan/sulingan gunung dan bakau memang sekilas terlihat sangat mirip, namun jika kita cermat mengamati tentunya akan menemukan perbedaan-perbedaan yang bisa di jadikan sebagai patokan saat kita ingin membeli. Penggemar kicau biasanya lebih menyukai burung sulingan gunung di karenakan burung sulingan/tledekan gunung terbukti memiliki mental yang pemberani dan biasanya burung sulingan gunung lebih cepat gacor di banding sulingan bakau.

Karena peminat dari pembeli yang sangat banyak untuk burung tledekan gunung, maka tidak jarang para oknum pedagang nakal bermain curang yaitu dengan mendatangkan burung tledekan bakau untuk di jual dengan mengatasnamakan burung tledekan gunung. Hal ini tentu sangat merugikan bagi pembeli yang belum mengetahuinya.

Mengingat populasi dari burung tledekan gunung yang sampai saat ini semakin berkurang, maka anda sebagai pembeli harus teliti ketika ingin membeli. Untuk harga burung tledekan gunung memang jauh lebih mahal di banding tledekan bakau yaitu bisa mencapai 3 atau 4 10 lipat dari harga burung tledekan bakau, sehingga para oknum pedagang nakal menghalalkan segala cara untuk meraih untung sebanyak-banyaknya. Untuk meminimalisir salah dalam membeli, berikut ini tips yang bisa di pakai untuk di jadikan patokan.

Baca juga:  Wallpaper Kotak Kotak Hitam Putih Tumblr

Ciri-Ciri Sulingan / Tledekan Gunung Jantan dan Betina

– Tledekan/sulingan gunung memiliki mental yang bagus sehingga biasanya burung akan mudah untuk gacor dan lebih cepat ngeplong dan ngerol dengan ciri khas nyekleknya dengan suara yang sangat nyaring dan memiliki banyak variasi isian lagu.

– Burung tledekan gunung yang berjenis kelamin jantan, pada bulu di bagian punggung memiliki warna biru tua dan warna bulu di expanse sekitar mata, muka serta warna bercak pada dagu warnanya terlihat hitam.

– Pada bagian alis dan dahinya terlihat lebih pendek dan berwarna biru cerah / biru muda.

– Sedangkan untuk warna di bagian tenggorokan, dada dan sisi-sisi tubuhnya memiliki warna jingga dan di bagian bawah perut terdapat warna keputih-putihan.

– Sedangkan untuk burung sulingan/tledekan gunung betina, warna bulu di bagian atas tubuhnya berwarna coklat dan bulu di bagian lingkar mata berwarna kuning, dan untuk warna bulu di bagian bawah yaitu bulu perut dab dada, warnanya hampir mirip dengan warna bulu sulingan gunung jantan, namun warnanya lebih kusam atau lebih pucat.

Ciri-Ciri Sulingan / Tledekan Bakau Jantan dan Betina

– Burung sulingan / tledekan bakau terkenal dengan susah gacor, meskipun bunyi biasanya hanya sebatas ngriwik-ngriwik dan jarang sekali mau untuk bersuara ngeplong, sebenarnya dengan perawatan yang tepat, burung sulingan bakau juga sangat berpotensi untuk menjadi gacor dan biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang mampu menjadikan burung tledekan bakau sampaigacor teler.

– Burung tledekan bakau jantan pada bulu di bagian dahi memiliki warna biru yang lebih gelap atau tidak secerah sulingan gunung dan seluruh warna bulu dibagian bawah tubuh memiliki warna merah bata sampai di bagian perut.

Baca juga:  Brokat Lame Dan Songket Memiliki Sifat Yang Sama Yaitu

– Untuk burung tledekan / sulingan bakau betina penampilan fisiknya hampir mirip dengan burung sulingan gunung jantan, hanya saja warna biru pada tledekan bakau betina terlihat lebih pudar/pucat serta memliki warna bulu di belakang paruh berwarna bercak putih yang membentuk huruf V dan memiliki warna bulu di dagu agak kekuningan ( Untuk lebih jelasnya bisa melihat pada gambar ).

– Burung sulingan / tledekan bakau ini juga biasa di sebut dengan burung tledekan / sulingan gunung sebrang

Nah itulah beberapa ciri-ciri atau perbedaan burung tledekan gunung dan burung tledekan bakau yang bisa dijadikan sebagai patokan ketika anda ingin membeli, semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

Perbedaan Burung Tledekan Gunung Dan Bakau

Source: http://kumpulterbaru.blogspot.com/2021/03/perbedaan-tledekan-gunung-dan-bakau.html