Seni Rupa Terapan Meliputi Semua Karya Seni Rupa Yang Memiliki

Seni Rupa Terapan Meliputi Semua Karya Seni Rupa Yang Memiliki

KOMPAS.com –
Seni rupa terapan atau applied fine art merupakan karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan praktis dalam kehidupan sehari-hari yang mengandung nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya.

Dilansir dari
Oxford Dictionary of Art, seni rupa terapan memiliki makna semua seni termasuk desain, dekorasi dan benda-benda yang memiliki fungsi tertentu dan tanpa meninggalkan aspek keindahan atau estetis.

Segala bentuk yang dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia disebut bentuk fungsional.

Wujudnya dapat berupa perhiasan, pakaian, perabot rumah tangga, perlengkapan makan atau perlengkapan pertunjukan.

Baca juga: Seni Rupa: Pengertian dan Sejarah

Jenis seni rupa terapan

Seni rupa terapan bisa ditemui dalam beberapa bentuk. Berikut beberapa bentuk seni rupa terapan:

  • Seni grafis

Seni grafis adalah karya seni yang dibuat dengan proses dicetak. Di mana memiliki wajah dua dimensi (second).

Seni grafis erat kaitannya dengan kegiatan cetak-mencetak yang hasilnya bisa digandakan.

Dalam seni grafis masih dibagi menjadi beberapa bentuk, seperti cetak tinggi, cetak dalam, cetak datar, cetak tunggal dan cetak saring.



temuan keramik anjing berumur 3500 tahun

  • Seni Keramik

Seni keramik merupakan bagian dari seni kriya yang memiliki wujud tiga dimensi (3D) dengan komposisi pembuatnya dari tanah liat dan melalui proses pembakaran.

Baca juga: Unsur dan Jenis Seni Rupa

Hasil dari seni keramik yang bisa ditemukan berupa piring, vas dan gerabah. Seni kriya lain seperti batik, seni pahat,

  • Seni Desain Produk

Seni desain produk berwujud tiga dimensi. Karya seni tersebut bisa dijumpai seperti peralatan rumah tangga, pakaian, perhiasan, atau sepatu sandal.

  • Arsitektur
Baca juga:  Jelaskan Jenis Pensil Gambar Yang Dapat Digunakan Untuk Menggambar Konstruksi

Arsitektur merupakan seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan.

Rumah adat menjadi salah satu jenis seni rupa terapan yang masing-masing daerah memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Fungsi seni rupa terapan

Melansir dari
jurnal Hindara, B. (2010), seni Rupa Terapan, ada dua fungsi dalam seni rupa terapan, yaitu fungsi individual dan fungsi sosial.

Baca juga: Seni Tari: Pengertian dan Gerak Tari

Komunitas seniman di Aceh menggelar pameran seni rupa Siaran Tunda di Gedung Taman Budaya Kota Banda Aceh, Senin (20/7/2020). Pameran yang juga dapat disaksikan online melalui Youtube ini mengangkat tema Normal, sebagai sebuah pemicu untuk tetap menjaga semangat dan kewarasan melampaui kondisi yang tak biasa selama masa pandemi Covid-19.
KOMPAS.com/RAJA UMAR
Komunitas seniman di Aceh menggelar pameran seni rupa Siaran Tunda di Gedung Taman Budaya Kota Banda Aceh, Senin (20/7/2020). Pameran yang juga dapat disaksikan online melalui Youtube ini mengangkat tema Normal, sebagai sebuah pemicu untuk tetap menjaga semangat dan kewarasan melampaui kondisi yang tak biasa selama masa pandemi Covid-nineteen.

Berikut penjelasannya:

  • Fungsi individual

Digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai insan fisik dan psikis.

Pada fungsi fisik bisa memenuhi kebutuhan langsung terhadap wujud fisik bendanya, seperti kebutuhan manusia pakaian dan tas.

Sementara pada fungsi psikis memenuhi kebutuhan manusia akan kebutuhan batin dari benda, seperti benda yang memiliki nilai nostalgia akan daerah tertentu, oleh-oleh khas kota kelahirannya.

  • Fungsi Sosial

Fungsi sosial dapat dinikmati dan bermanfaat bagi orang dalam kalangan dan komunitas tertentu, seperti:

Baca juga: Seni Grafis: Pengertian dan Contoh

  • Rekreasi atau hiburan yang memiliki fungsi menghilangkan kejenuhan karena masalah pribadi, beban pekerjaan, contohnya, film, komik, photo berth.
  • Sarana komunikasi. media yang dapat memberikan informasi maupun menampung keluhan orang banyak seperti, iklan, affiche, spanduk, website.
  • Pendidikan atau edukasi, sarana penunjang pendidikan seperti, ilustrasi dalam buku pelajaran, poster tata cara prosedur suatu sistem.
  • Keagamaan, seperti pakaian religi modern, perabotan rumah tangga bernuansa religi, hingga ke kebutuhan ibadah itu sendiri.
Baca juga:  Sebutkan Fungsi Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Seni Rupa Terapan Meliputi Semua Karya Seni Rupa Yang Memiliki

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/02/160000869/seni-rupa-terapan-pengertian-jenis-dan-fungsinya?page=all