Tuliskan Sifat Dari Jenis Tekstil Bahan Katun Dan Sutra

Cantiks.com – Tuliskan Sifat Dari Jenis Tekstil Bahan Katun Dan Sutra

Industri fesyen sekarang ini berkembang begitu pesatnya. Mode pakaian begitu cepat berganti, termasuk jenis kain tekstil yang digunakan. Pilihan jenis kain yang semakin beragam membuat kita bisa dengan mudah bereksperimen dalam berpakaian. Terlebih untuk para desainer, banyaknya jenis kain tekstil akan semakin menginspirasi mereka untuk menghasilkan karya yang indah.

Bagi para konsumen, banyaknya jenis kain tekstil kadang membingungkan karena tidak tahu nama dan jenisnya. Mengenal berbagai jenis kain tekstil penting agar kita tidak salah menggunakannya. Misalnya, untuk membuat pakaian anak-anak, kita harus memilih kain tekstil yang saat digunakan terasa nyaman. Selain itu, mengetahui berbagai jenis kain tekstil juga penting agar kita mengetahui cara pemeliharaannya sehingga pakaian yang dimiliki bisa lebih awet.

Berikut jenis kain tekstil yang banyak digunakan sehari-hari, baik untuk pakaian maupun perlengkapan rumah tangga:

1. Katun

Ini adalah jenis kain yang paling sering digunakan untuk pakaian, baik pakaian pria, wanita, maupun anak-anak. Katun adalah jenis kain yang berasal dari serat kapas. Tentunya, kapas di sini bukan kapas yang sering digunakan untuk kecantikan. Serat kapas untuk kain katun berasal dari serat selulosa, yaitu serat alam yang berasal dari tumbuhan. Karena berasal dari serat alam, kapas memiliki sifat higroskopis (menyerap air), mudah kusut, tahan setrika panas, tidak tahan asam mineral, tahan terhadap ngengat, tapi tidak tahan cendawan.

2. Rayon

Meski termasuk jenis tekstil yang berasal dari serabut selulosa, rayon berbeda dengan katun. Jika katun berasal dari kapas, rayon berasal dari selulosa bagian kayunya. Jenis kain ini banyak digunakan sebagai bahan pakaian daster, mukena Bali, dan pelapis pakaian karena sifatnya yang mendinginkan. Rayon memiliki macam-macam jenis. Sifat rayon tidak jauh berbeda dengan katun karena sama-sama berasal dari serat selulosa.

iii. Wol

Jenis kain tekstil ini berasal dari serat hewani, yaitu dari bulu biri-biri. Kain wol bukan berasal dari benang wol yang sering digunakan untuk membuat pernak-pernik dengan teknik rajutan. Benang wol berasal dari serat sintetis, jauh berbeda dengan kain wol. Kain wol banyak digunakan di negara Eropa karena sifatnya menghangatkan dan harganya cukup mahal. Di Republic of indonesia, kain wol biasanya digunakan untuk jas pria dan jenis-jenis blazer kualitas tinggi. Sifat kain wol sangat higroskopis, jika sudah kena basah, lama keringnya. Selain itu, wol juga dapat menahan panas dengan baik, tetapi tidak tahan ngengat.

Baca juga:  Cara Membuat Background Di Story Instagram

4. Sutra

Sutra sering digunakan untuk pakaian pesta. Penampakannya halus jika diraba, lembut, berkilau, licin, dan sangat nyaman digunakan. Sutra berasal dari serat protein yang dihasilkan oleh ulat sutra. Perawatan pakaian dari jenis kain ini tidak boleh sembarangan karena akan merusak warna kain tersebut. Penggunaan sabun cuci yang salah akan menyebabkan rusak permanen pada pakaian yang terbuat dari kain ini. Harganya cukup mahal, sepadan dengan kualitas bahan. Sutra dapat menyesuaikan dengan keadaan (temperatur) si pemakai.

Sebenarnya, masih banyak jenis kain tekstil yang perlu kita ketahui. Keempat kain tekstil di atas adalah jenis yang sering dijumpai dalam keseharian kita.
(AH)

epitome source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/9f/Wool_Felt_Sheets.jpg

Sifat bahan tekstil

Untuk dapat melakukan pemeliharan bahan tekstil (bahan busana)dengan tepat dan benar, terlebih dahulu harus diketahui sifat-sifatdari bahan tersebut: Sifat-sifat bahan katun adalah bersifat hidroskopis ataumenyerap air, mudah kusut, kenyal, dalam keadaan basahkekutannya bertambah lebih kurang 25%, dapat disetrikadalam temperatur panas yang tinggi, katun lenan tersebutmengandung lilin, oleh sebab itu tidak perlu dikanji. Katunlenan ini tidak tahan chloor. Sementara rayon lebih licin danmengkilap, tidak menghisap debu dan kotoran, karna kotoranitu melekat hanya pada permukaan bahan saja. Sedangkansintetis sifatnya tidak jauh berbeda dengan katun lainnyab. wolBahan wol memiliki sifat sangat kenyal hingga tidak mudahkusut, bila wol dipanaskan ia akan menjadi lunak karenakenyalnya berkurang. Wol mengikat, panas, karena serabutwol keriting. Udara dalam pori-pori wol bertahan, bila dipakaidapat mengantarkan panas, wol tidak tahan akan nyengat.c.SuteraBahan sutera memiliki sifat lembut, licin dan berkilap,kenyal dan kuat. Dalam keadaan basah sutera berkurangkekuatannya 15%. Bahan sutera tahan ngenyat, banyakmenghisap air dan bila dipergunakan memberi rasa sejuk.d. Dacron, polyester dan nylonBahan tekstil ini apabila dicuci cepat menjadi kering, tidakkusut jadi tidak perlu di setrika, kuat dan tahan lamadipergunakan, lebih tahan panas. Bahan tekstil / busana yang berasal dari brokat, lame dansongket ini mudah berubah warna, tidak mudah kusut, kurangmenyerap air, tidak tahan temperatur setrika yang tinggi.

A. KatunSifat-sifat bahan katun adalah bersifat hidroskopis atau menyerap air, mudah kusut, kenyal, dalam keadaan basah kekutannya bertambah lebih kurang 25%, dapat disetrika dalam temperatur panas yang tinggi, katun lenan tersebut mengandung lilin, oleh sebab itu tidak perlu dikanji. Katun lenan ini tidak tahan chloor. Sementara rayon lebih licin dan mengkilap, tidak menghisap debu dan kotoran, karna kotoran itu melekat hanya pada permukaan bahan saja. Sedangkan sintetis sifatnya tidak jauh berbeda dengan katun lainnyab. wolBahan wol memiliki sifat sangat kenyal hingga tidak mudah kusut, bila wol dipanaskan ia akan menjadi lunak karena kenyalnya berkurang. Wol mengikat, panas, karena serabut wol keriting. Udara dalam pori-pori wol bertahan, bila dipakai dapat mengantarkan panas, wol tidak tahan akan nyengat.c. SuteraBahan sutera memiliki sifat lembut, licin dan berkilap, kenyal dan kuat. Dalam keadaan basah sutera berkurang kekuatannya fifteen%. Bahan sutera tahan ngenyat, banyak menghisap air dan bila dipergunakan memberi rasa sejuk.d. Dacron, polyester dan nylonBahan tekstil ini apabila dicuci cepat menjadi kering, tidak kusut jadi tidak perlu di setrika, kuat dan tahan lama dipergunakan, lebih tahan panas.e. Brokat, lame dan songket

Baca juga:  Ukuran Matras Yang Digunakan Dalam Melakukan Senam Lantai Adalah

Bahan tekstil / busana yang berasal dari brokat, lame dan songket ini mudah berubah warna, tidak mudah kusut, kurang menyerap air, tidak tahan temperatur setrika yang tinggi.


Putri4598
@Putri4598


February 2019


1


960


Report

Sebutkan sifat sifat bahan tekstil


Eriza2324

Tekstil dibagi menjadi 4, yaitu :

1. Katun yang memiliki sifat menyerap air, mudah kusut dan lentur.
ii.Wol yang memiliki sifat sangat lentur tidak mudah kusut dan dapat menahan panas.
iii.sutera yang memiliki sifat lembut,licin,berkilap, lentur dan kuat
4. polyester atau nilon yang memiliki sifat tidak tahan panas,tidak mudah kusut dan jika dicuci cepat kering.
Semoga Membantu ^_^

29 votes

Cheers 32

More Questions From This User See All


Putri4598
February 2019 | 0 Replies

Daftar isi

Apa yang terjadi bila kurva permintaan bergeser kekiri dan kurva penawaran bergeser kekanan

Answer

Putri4598
Feb 2019 | 0 Replies

Ubahlah menjadi kalimat langsung1.romeo berjanji kepada Juliet bahwa dia akan selalu berada disamping Juliet2.pak guru berkata pafa kami,bahwa hari ini ada ulangan ,sontak kami langsung berteriak kaget dan bertanya hal itu Sudan disampaikan atau belumubahlah menjadi kalimat tidak langsung 1.ayah berkata kepadaku,”nak,apakah kamu masih sakit ?”2.irwan berkata pada ibunya ,”bu,belikan Baku motor baru!”

Respond

Putri4598
February 2019 | 0 Replies

Berilah 1 contoh peran perkembangan iptek dalam kegiatan produksi,distribusi,dan konsumsi

Respond

Putri4598
February 2019 | 0 Replies

Berilah 1 contoh peran perkembangan iptek dalam kegiatan produksi,distribusi,dan konsumsi

Reply

Putri4598
February 2019 | 0 Replies

Jelaskan penerapan ragam hias pada bahan tekstil

Respond

Putri4598
February 2019 | 0 Replies

Tuliskan hal yang dilakukan saat melakukan evaluasi dari hasil kerja membuat produk olahan sayur dan buah

Reply

Putri4598
February 2019 | 0 Replies

Tuliskan yang harus dilakukan jika ternyata jus jeruk yang telah terbuat rasanya belum sesuai yang diinginkan

Answer

Putri4598
February 2019 | 0 Replies

Jelaskan mengenai cara memasak makanan dengan mengukus

Reply

Putri4598
February 2019 | 0 Replies

Sebutkan hal hal yang harus dilakukan pada saat akan menentukan pengemasan makanan atau minuman

Answer

Putri4598
February 2019 | 0 Replies

Tuliskan three keunggulan penggunaan kemasan alumunium foil

Reply

Recommend Questions



anggih48
May 2021 | 0 Replies

Secara umum,jenis bahan dasar produk kerajinan dapat di bagi menjadi dua kelompok,yaitu


wahyusetyo1701
May 2021 | 0 Replies

alat alat promosi direct marketing


vitho69
May 2021 | 0 Replies

pada tahunberapa dimana dan kapan teknologi di buat


Eraawatii
May 2021 | 0 Replies

tartrazin ci. no. 19140 merupakan zat aditif yang sering ditambahkan dalam produk makanan seperti pada produk biskuit, sirup buah, mie, snack, dan lain-lain. sebenarnya peran zat tersebut adalah


iputugian7748
May 2021 | 0 Replies

ciri-ciri tujuan dan sasaran UU No.1 Tahun 1970 Keselamatan Kerja dikatakan tercapai?


zainandajuliyanti
May 2021 | 0 Replies

Bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang kendusif?


nurfitriyani78
May 2021 | 0 Replies

Tolong bantu jawaban nyaa


sofinakryh
May 2021 | 0 Replies

apa pendapat kami tentang pembuatan produk rekayasa teknologi informasi dan komunikasi


nirmala9176
May 2021 | 0 Replies

Apa nama makanan khas bandung


RaePAllard
May 2021 | 0 Replies

apa yang dimaksud dengan trader dalam jabatan?


Tuliskan Sifat Dari Jenis Tekstil Bahan Katun Dan Sutra

Source: https://apamaksud.com/sebutkan-sifat-sifat-dari-bahan-katun