Kata Kata Santunan Anak Yatim

Kata Kata Santunan Anak Yatim

Brilio.net –Manusia adalah makhluk sosial. Untuk bisa bertahan hidup, seseorang tak hanya membutuhkan makanan atau minuman saja, namun juga teman, keluarga, tetangga dan orang lainnya. Ketika dikelilingi banyak teman, ia cenderung merasa bahagia.


Kebahagiaan akan semakin bertambah jika saling berbagi dengan sesama. Dalam ajaran agama Islam, seseorang biasanya berbagi dengan cara bersedekah. Sedekah merupakan suatu perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah karena dapat menjadi amal sholeh bagi seseorang yang melakukannya.



Sedekah adalah salah satu ajaran dalam agama Islam yang sejatinya dapat dilakukan kapan saja. Sedekah termasuk amalan yang bersifat sosial atau al-muta’ddiyah. Artinya, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh orang yang mengerjakannya, namun juga dirasakan banyak orang lain, terutama yang menerima sedekah.

Oleh sebab itu janganlah ragu untuk menyisihkan sebagian harta untuk berbagi kepada mereka yang sedang kesusahan dan serba kekurangan seperti anak yatim piatu, fakir miskin dan lainnya. Agar kamu termotivasi untuk bersedekah dengan ikhlas, kamu bisa membaca kata-kata mutiara Islam tentang sedekah yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (30/9)



Kata-kata mutiara Islam tentang sedekah, singkat dan mengena.


foto: Instagram/@kata.sedekah

1. “Berikanlah sedekah! Karena sedekah itu ibarat sungai yang mengalir. Kamu hanya akan terus memperoleh manfaat dari air bersihnya.”

two. “Satu sedekah yang tulus sama dengan seribu langkah menuju surga.”

iii. “Tetaplah berbagi meskipun kau merasa tak punya apa-apa. Karena kau bisa berbagi perhatian, kasih sayang, juga cinta. Tuluslah ketika berbagi.”

4. “Ketika kamu bersedekah, ulurkanlah tangan kananmu dan sembunyikanlah tangan kirimu.”

5. “Berbahagialah orang yang bisa memberi tanpa mengingat-ingat dan orang yang mengambil tanpa melupakan (yang memberinya).”

six. “Ketika Allah memberimu nikmat secara finansial, jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standarmu dalam bersedekah.”

seven. “Tidak pernah ada orang yang jatuh miskin karena sedekah.”

eight. “Obati penyakitmu dengan bersedekah.”

ix. “Berapa pun penghasilan kita hari ini, sisihkan untuk bersedekah. Bahkan, paksa diri untuk mampu berbagi setiap hari. Tak harus selalu dengan materi, bisa juga dengan jasa yang kita miliki.”

10. “Ketika Allah memberikan kelebihan rezeki, janganlah engkau meningkatkan gaya hidupmu, tapi jadilah orang yang lebih dermawan.”

xi. “Apa yang kamu makan akan habis, apa yang kamu beri akan kekal.”

12. “Sedekah adalah harta kita yang sesungguhnya.”

13. “Berbagi bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya hal yang kau beri, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kau beri.”

fourteen. “Sungguh sering kita terbelok dalam niat. Tanpa sadar bersedekah untuk riya’, berdakwah untuk fadilah dunia, berhaji untuk gelar diri. Periksalah hati.”

xv. “Sedekah adalah amal yang tidak akan putus hingga mati.”

xvi. “Sedekah saat berkecukupan itu biasa, sedekah saat kita susah itu luar biasa.”

17. “Jangan menunggu kaya untuk bersedekah, sebaliknya bersedekahlah untuk membuka pintu rezeki.”

18. “Sedekah tidak sama dengan matematika yang bisa ditambah, dikurang, dibagi dan dikali. Karena sedekah itu akan berlimpah dan berkali-kali lipat kembali kepada kita.”

19. “Bersedekahlah, maka doa dari mereka akan selalu membawa kebaikan kepadamu.”

20. “Bekal mati bukan dengan banyaknya harta yang kita miliki, tapi seberapa banyak kita memberi.”

Kata-kata mutiara Islam tentang sedekah, sebagai nasihat terbaik.

kata mutiara Islam tentang sedekah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@hafizhstore.id

21. “Jangan pernah merasa malu ketika hanya mampu memberi sedikit untuk bersedekah, karena selalu ada kebaikan dalam berbagi, tidak peduli seberapa kecil yang kamu berikan.” – Ali bin Abi Thalib

Baca juga:  Kata Bijak Tentang Lelah

22. “Ketika engkau bersedekah, engkau bukan sedang menghabiskan uang, tapi engkau sedang mentransfernya untuk dirimu sendiri di waktu yang akan datang.” – Dr Muhammad Abdullah al-Wuhaibi

23. “Sedekah yang disembunyikan akan memadamkan kemurkaan Allah, silaturahmi akan menambah umur, dan melakukan kebaikan akan menjaga dari berbagai kejelekan yang menimpa.” – Shahih Jami’

24. “Manfaat pertama yang bisa dirasakan dari bersedekah adalah untuk si pemberi sedekah itu sendiri, yaitu dia melihat perubahan dalam diri dan sikapnya, merasakan kedamaian, serta melihat senyuman di wajah orang lain.” – Aidh al-Qarni

25. “Sebagai seorang beriman, aku tidak boleh lupa bahwa kebutuhanku untuk bersedekah akan selalu jauh lebih besar daripada kebutuhan mereka yang menerima sedekah dariku.” – Nouman Ali Khan

26. “Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” – HR. Baihaqi

27. “Sedekahmu tidak akan diterima hingga kamu meyakini bahwa, ‘Kebutuhanku akan pahala jauh lebih besar daripada kebutuhan seorang pengemis yang membutuhkan uang’.” – Utsman bin Affan

28. “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya. – 60 minutes. Bukhari

29. “Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan, sampai kalian infakkan apa yang kalian cintai.” – QS. Ali Imran: 92

30. “Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami anugerahkan kepadamu sebelum datangnya hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang yang kafir itulah orang-orang yang zalim.” – Q.S Al-Baqarah: 254

31. “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.” – Q.Due south Al-Baqarah: 276

32. “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki.” – QS. Saba’: 39

Kata-kata mutiara Islam tentang sedekah, penuh makna.

kata mutiara Islam tentang sedekah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@shafa.style.kids

33. “Dalam hidup ini, berbagi kepada sesama memberi jiwa rasa damai. Berbagi dengan tulus tanpa pamrih memberikan perasaan suka cita.”

34. “Berbagi rezeki dengan tulus, berbakti pada orang tua, berbuat baik pada sesama, mengubah duka menjadi bahagia dan menambah usia.”

35. “Keutamaan berbagi dan memberi bukan kepada mereka yang dicintai, tetapi berbagi kepada mereka yang membutuhkan.”

36. “Berbagi dengan orang lain adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah kita dapatkan.”

37. “Carilah kebahagiaan dan ketenangan dengan berbagi harta, fikiran, dan tenaga, juga berbagi maaf dari hatimu.”

38. “Dengan berbagi, kamu tak akan pernah kekurangan. Dan saat yang tepat untuk berbagi adalah disaat kamu dalam kekurangan.”

39. “Rahasia dari kebahagiaan adalah dengan banyak berbagi.”

xl. “Berbagi sebuah ilmu tidak akan mengurangi kepandaianmu, bahkan menambah kewibawaanmu.”

41. “Jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur. Dan berbagi adalah salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat-Nya.”

42. “Keutamaan bersedekah bukan kepada mereka yang dicintai, tapi berbagi kepada mereka yang membutuhkan.”

43. “Berbagi rezeki dengan tulus, berbakti kepada orang tua, berbuat baik kepada sesama, mengubah duka menjadi bahagia dan menambah usia.”

44. “Sedekah tidak akan mengurangi kekayaanmu.”

45. “Jika kamu berinfak kepada seseorang, berterima kasihlah kepada mereka. Kamu mungkin sudah membantu memperbaiki urusan dunia mereka, tapi mereka juga memperbaiki urusan akhiratmu.”

46. “Sedekah secara sembunyi-sembunyi bisa meredam murka Tuhan Yang Maha Kuasa.”

47. “Setiap tindakan kebaikan adalah amal.”

48. “Jangan merasa malu jika memberi sedikit untuk amal; itu karena selalu ada kebaikan dalam memberi, tidak peduli seberapa kecil.”

49. “Berinfaklah dan jangan menghitung-hitungnya sehingga Allah juga akan menghitung-hitung rezeki-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu tahan hartamu (enggan bersedekah) sehingga Allah juga akan menahan rezeki-Nya kepadamu.”

Baca juga:  Susu Untuk Kecerdasan Otak Anak Usia 4 Tahun

fifty. “Sedekah membersihkan dosa, seperti air memadamkan api. “

51. “Amal adalah obat yang efektif dan tindakan orang-orang dalam kehidupan mereka saat ini akan terlihat di kehidupan berikutnya.”

52. “Manfaat pertama yang bisa dirasakan dari bersedekah adalah untuk si pemberi sedekah itu sendiri, yaitu dia melihat perubahan dalam diri dan sikapnya, merasakan kedamaian, serta melihat senyuman di wajah orang lain.”





53. “Beri amal tanpa penundaan karena hal itu bisa menghalangi bencana.”

54. “Jangan berpaling dari orang miskin, meski yang bisa kamu berikan kepadanya hanya setengah kurma. Jika kamu mencintai orang miskin dan membawa mereka di dekatmu, maka Tuhan akan membawamu mendekati Dia pada hari kiamat. “

55. “Tidaklah seorang muslim menanam suatu pohon, tidak pula menanam suatu tanaman, kemudian pohon atau tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan akan menjadi sedekah baginya.”

Kata-kata mutiara Islam tentang sedekah membawa berkah.

kata mutiara Islam tentang sedekah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sedekahrecehofficial

56. “Mengucapkan kata-kata yang baik juga termasuk sedekah.”

57. “Berikanlah sedekah. Karena sedekah itu ibarat sungai yang mengalir. Kamu hanya akan terus memperoleh manfaat dari air bersihnya.”

58. “Sedekah terbaik adalah sedekah yang diberikan oleh orang yang hanya memiliki sedikit.”

59. “Senyum kepada saudaramu adalah sedekah.”

sixty. “Bersedekahlah maka seribu kebaikan akan datang kepadamu.”

61. “Sedekah membersihkan dosa, seperti air memadamkan api.”

62. “Sebaik-baiknya sedekah adalah di bulan Ramadhan.”

63. “Jangan pernah merasa malu ketika hanya mampu memberi sedikit untuk bersedekah, karena selalu ada kebaikan dalam berbagi, tidak peduli seberapa kecil yang kamu berikan.” –Ali bin Abi

64. “Hidup bukan tentang bagaimana menikmati, melainkan juga berbagi.”

65. “Berbagi kesuksesan diri sendiri bukan berarti sombong, tapi agar memacu dan menginspirasi orang lain.”

66. “Berbagi dengan orang lain adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah kita dapatkan.”

67. “Nilai suatu hal tidak akan ada artinya, jika tidak ada ketulusan dalam memberi. Tuluslah ketika berbagi.”

68. “Sangatlah berarti hidup ini ketika kita bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain, terutama dengan orang-orang yang kita sayangi.”

69. “Rahasia dari kebahagiaan adalah dengan banyak bersedekah.”

seventy. “Jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur. Dan berbagi adalah salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat-Nya.”

71. “Ketika engkau bersedekah, engkau bukan sedang menghabiskan uang, tapi engkau sedang mentransfernya untuk dirimu sendiri di waktu yang akan datang.” – Dr. Muhammad Abdullah al-Wuhaibi

72. “Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan, sampai kalian infakkan apa yang kalian cintai.” – (QS. Ali Imran: 92)

73. “Sebagai seorang beriman, aku tidak boleh lupa bahwa kebutuhanku untuk bersedekah akan selalu jauh lebih besar daripada kebutuhan mereka yang menerima sedekah dariku.” – Nouman Ali Khan

74. “Setiap amal kebaikan bernilai sedekah.”

75. “Manfaat pertama yang bisa dirasakan dari bersedekah adalah untuk si pemberi sedekah itu sendiri, yaitu dia melihat perubahan dalam diri dan sikapnya, merasakan kedamaian, serta melihat senyuman di wajah orang lain.” – Aidh al Qarni

76. “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya.” – (Hour. Bukhari)

77. “Barangsiapa yang mendapatkan harta dari sumber yang haram lantas dia manfaatkan untuk berbuat baik kepada kerabatnya, sedekah kepada orang miskin atau infak di jalan Allah, maka semua amalnya tersebut dikumpulkan (tidak bernilai) dan karenanya dia dicampakkan ke dalam neraka.” – (60 minutes. Abu Daud)

78. “Sedekah yang disembunyikan akan memadamkan kemurkaan Allah, silaturahmi akan menambah umur, dan melakukan kebaikan akan menjaga dari berbagai kejelekan yang menimpa.” – Shahih Jami

79. “Sedekahmu tidak akan diterima hingga kamu meyakini bahwa, Kebutuhanku akan pahala jauh lebih besar daripada kebutuhan seorang pengemis yang membutuhkan uang.” – Utsman bin Affan

Baca juga:  Kata Romantis Dalam Bahasa Inggris

80. “Di antara golongan yang mendapatkan naungan Allah di hari kiamat nanti adalah seseorang yang bersedekah dan menyembunyikannya, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari)

Kata-kata mutiara Islam tentang sedekah, memotivasi berbuat baik.

kata mutiara Islam tentang sedekah © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@_edeena

81. “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.” – (Q.Due south Al-Baqarah: 276)

82. “Sedekah yang kamu keluarkan, kelak akan menjadi naunganmu pada hari kiamat.”

83. “Sedekah yang paling utama adalah sedekah ketika dalam kondisi lapang dan mampu, maka janganlah kita menunda-nunda bersedekah sampai tiba waktu sempit.” – Aa Gym

84. “Sedekah tidak perlu menunggu kaya, hanya perlu menyisihkan sebagian saja dari yang kamu punya.”

85. “Mengucapkan kata-kata yang baik juga termasuk sedekah.”

86. “Tidak ada kebaikan sedekah kecuali dengan niat yang ikhlas.”

87. “Jangan berpaling dari orang miskin meski yang bisa kamu berikan kepadanya hanya setengah kurma. Jika kamu mencintai orang miskin dan membawa mereka di dekatmu, maka Tuhan akan membawamu mendekati Dia pada hari kiamat.”

88. “Berikanlah sedekah tanpa menunda-nundanya, karena sedekah dapat menghalangi datangnya bencana.”

89. “Allah akan mencabut riba dari segala berkah, tapi akan memberikan peningkatan untuk amalan karena Dia tidak mengasihi makhluk yang tidak tahu berterima kasih dan jahat.”

90. “Tangan di atas yang memberi lebih baik daripada tangan di bawah yang meminta-minta.”

91. “Amal yang kamu berikan akan menjadi naunganmu pada hari penghakiman.”

92. “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki.” – (QS. Saba: 39)

93. “Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” – (HR. Baihaqi)

94. “Sesungguhnya sedekah itu memadamkan amarah Tuhan dan menolak kematian yang buruk.”

95. “Tidak ada kebaikan sedekah kecuali dengan niat yang ikhlas.”

96. “Ketika engkau bersedekah, engkau bukan sedang menghabiskan uang, tapi engkau sedang mentransfernya untuk dirimu sendiri di waktu yang akan datang.” – Dr. Muhammad Abdullah al-Wuhaibi

97. “Di antara golongan yang mendapatkan naungan Allah di hari kiamat nanti adalah seseorang yang bersedekah dan menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” – HR. Bukhari

98. “Amal yang kamu berikan akan menjadi naunganmu pada hari penghakiman.” – Nabi Muhammad SAW

99. “Nabi Muhammad (SAW) bersabda: ‘Bayangan orang beriman pada hari kiamat akan menjadi amal kasihnya’.”

100. “Memerintahkan untuk melakukan perbuatan baik dan mencegah orang lain melakukan kejahatan adalah tindakan amal.”

101. “Tak perlu mengharap imbalan ketika hendak berbagi. Imbalan sudah pasti kamu dapatkan, kebahagiaan, dan ketentraman hati.”

102. Dalam hidup ini, sedekah kepada sesama memberi jiwa rasa damai. Sedekah dengan tulus tanpa pamrih memberikan perasaan suka cita.”

103. “Sungguh sering kita terbelok dalam niat. Tanpa sadar bersedekah untuk riya, berdakwah untuk fadilah dunia, berhaji untuk gelar diri. Periksalah hati.”

104. “Berikanlah dengan amal karena kafanmu tidak akan memiliki kantong untuk membawa kekayaanmu di dalamnya.”

105. “Amal terbaik adalah yang dilakukan oleh orang kaya. Dan mulailah memberi yang pertama kepada tanggunganmu.”

106. “Bersedekahlah, karena sedekah membawa berkah.”

107. . “Sesungguhnya bagian terindah dalam hidup ini adalah saat kita bisa berbagi hal positif, kebaikan, dan kebahagiaan dengan orang lain.”

108. “Allah itu Maha Kaya. Jadi jangan takut untuk berbagi kepada yang membutuhkan.”

109. “Dengan bersedekah, tak perlu kau takut jatuh miskin. Justru Allah akan menambah lagi rezekimu.”

(brl/pep)

(brl/pep)

Kata Kata Santunan Anak Yatim

Source: https://www.brilio.net/wow/40-kata-kata-mutiara-islam-tentang-sedekah-bikin-semangat-berbagi-200903g.html