Kata Kata Takut Jarum Suntik

Kata Kata Takut Jarum Suntik

Saat anak takut jarum suntik, akan sulit membawanya ke dokter.

REPUBLIKA.CO.ID,
JAKARTA – Salah satu dokter spesialis anak membagikan anjuran dan larangan melatih anak untuk berani menggunakan jarum suntik. Ketika seorang anak takut jarum suntik, akan sulit untuk membawanya ke dokter dalam kondisi tertentu dan dia bisa mengalami stres.


Jika anak Anda merasa cemas dalam situasi ini, hibur dia dan beri tahu dia bahwa dia tidak sendirian. Sebuah studi meta-analisis 2019 membahas topik tersebut dan menemukan bahwa sebagian besar anak kecil takut jarum. Ketakutan dapat berkisar dari kecemasan ringan hingga panik total.


Lebih sering daripada tidak, perasaan ini dapat dikelola dengan alat sederhana dan dukungan orang tua. Namun, jika anak Anda mengalami kecemasan vaksinasi yang ekstrem, penting untuk bekerja dengan seorang profesional.


Mengurangi kecemasan jarum suntik penting untuk kesejahteraan anak, tetapi juga dapat memiliki implikasi kesehatan masyarakat yang lebih luas. Para peneliti telah menemukan hubungan antara fobia jarum dan keraguan tentang vaksin Covid-19.


“Jadi menghilangkan ketakutan ini sejak dini bisa menjadi jalan menuju penerimaan vaksin jangka panjang,” tulis Dr. Natasha Burgert, seorang dokter anak di Overland Park, Kansas.
Huff Post, Rabu (27/7/2022).


Beberapa profesional medis telah membagikan saran mereka tentang cara mendukung anak yang takut jarum suntik. Berikut adalah beberapa cara orang tua dapat memastikan anak-anak mereka tidak takut jarum suntik.



i. Jangan sebut itu ‘injeksi’ untuk memulai


Kata-kata seperti “menyuntikkan”, “aduh” atau “menusuk” semuanya memiliki konotasi negatif yang melibatkan rasa sakit. Sebut saja imunisasi, vaksin, atau obat-obatan saja, karena mereka merasa lebih medis dan mendorong pemikiran bahwa tenaga medis melakukannya untuk kesehatan.

Baca juga:  Gambar Dan Kata Kata Sindiran


Minta anak Anda untuk memberikan foto saat ia bersama barang-barang favoritnya, saat berada di rumah dalam lingkungan yang nyaman dan bebas stres. Atau Anda dapat mencoba membaca buku anak-anak tentang topik tersebut, untuk mempersiapkan mereka untuk kencan.



2. Cobalah untuk mengontrol perasaan anak


Hindari meminimalkan rasa takut mereka dengan mengatakan hal-hal seperti “Tidak terlalu buruk”, “Habiskan saja” atau “Jangan khawatir”, yang dapat membuat anak merasa tidak didengar.


Alih-alih memberi tahu anak Anda bahwa dia baik-baik saja, katakan sesuatu seperti, “Aku tahu kamu takut dan tidak apa-apa karena terkadang ibu dan ayah juga takut.” Tapi Mom / Dad akan berada di sini bersama Anda untuk menghibur Anda, ‘”kata Karen Fifty Gentile, perawat anak di National Jewish Health, Denver.



3. Tidak perlu meminta maaf


Mengatakan “maaf” ketika seorang anak perlu divaksinasi tampaknya seperti hal yang menyenangkan untuk dilakukan, tetapi itu mengirimkan pesan yang salah.


“Permintaan maaf datang setelah orang tua melakukan kesalahan, tetapi mengambil langkah untuk melindungi kesehatan anak tidaklah salah,” kata Tia Ragland Medley, dokter anak dan direktur medis MedStar Franklin Square Pediatrics di Baltimore.


Dia juga menyarankan orang tua untuk menghindari memanggil perawat atau siapa pun yang memberikan suntikan “buruk” atau merujuk mereka secara negatif.



iv. Bawalah beberapa barang favorit anak Anda


Membawa barang kesayangan, seperti mainan, soft toy, atau selimut, bisa memberikan kenyamanan yang baik. “Mereka dapat memeluk mainan mereka, mengalihkan pandangan dari jarum dan membaca buku mereka atau menonton acara Telly atau video musik favorit mereka,” kata Medley.


Waktu layar dan musik juga bisa menjadi pengalih perhatian yang baik untuk anak yang lebih besar. Orang tua juga dapat mencoba berbicara dengan bayi atau melakukan beberapa latihan pernapasan dalam.

Baca juga:  Kata-kata Pamit Singkat

Kata Kata Takut Jarum Suntik

Source: https://kerandajuara.com/trik-agar-anak-tidak-takut-jarum-suntik/