Sebutkan Kata Kunci Dalam Teks

Sebutkan Kata Kunci Dalam Teks


Apa Itu Kata Kunci Dalam Bahasa Republic of indonesia, Beserta Dengan Contoh dan Cirinya


Selasa, 21 September 2021 11:44

Penulis:
Dhia Amira


Kapanlagi Plus
– Kata kunci mungkin tidak asing bagi kalian, namun apakah kalian mengetahui apa itu kata kunci dalam bahasa Indonesia. Ya, bagi kalian yang belum mengetahui apa itu kata kunci, kata kunci adalah kata yang istimewa dalam suatu kalimat atau paragraf. Kata ini menjadi sebuah kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subyek, abstrak atau teks, serta catatan isi.

Kalian bisa mengetahui lebih dalam lagi tentang apa itu kata kunci, dan bagaimana ciri serta contohnya. Ya, kata kunci bukan sebuah kata yang asal ya KLovers. Kalian harus mengetahui pengertiannya agar dapat bisa membuat sebuah kata kunci yang baik dan tepat. Karena dengan menggunakan kata kunci yang tepat, maka informasi yang ingin kalian berikan lebih mudah untuk tersampaikan.



Nah, bagi kalian KLovers yang belum mengetahui apa itu kata kunci, maka berikut ini pengertian kata kunci beserta dengan ciri-ciri dan contoh kalimatnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Kata Kunci

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu kata kunci, dalam bahasa Indonesia kata kunci adalah kata yang istimewa dalam suatu kalimat atau paragraf. Ya, yang dimaksud istimewa ini karena berkedudukan sebagai kunci atau pun kode yang dipergunakan dalam memahami atau merangkai, dan semacam informasi yang ada dalam kalimat atau paragraf tersebut.

Baca juga:  Sebutkan Langkah Langkah Menyusun Teks Eksposisi

Menurut Irman Siswadi dalam jurnal Mengenal Konsep Penetapan Kata Kunci tahun 2013 mengungkapkan bahwa, kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subyek, abstrak atau teks, serta catatan isi. Kata atau frasa ini dimanfaatkan sebagai istilah pencarian untuk menemukan susunan teks atau hal penting lainnya yang termuat dalam kata kunci tersebut.

Selain itu, ada pula pengertian lain dari kata kunci adalah suatu kata yang atau frasa yang memuat konsep, gagasan, atau hal penting, yang digunakan untuk mencari suatu hal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, apa itu kata kunci? Adalah sebuah kata yang menjadi sebuah kata penting dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan hal yang banyak dicari oleh seseorang.

two. Ciri-ciri Kata Kunci

Tidak cukup hanya mengetahui pengertian dari kata kunci, apa itu kata kunci. Namun kalian juga perlu mengetahui ciri-ciri dari kata kunci itu sendiri. Ya, kata kunci juga memiliki ciri-ciri yang mungkin bisa menjadi sebuah hal yang bisa kalian pelajari lebih dalam. Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut ciri-ciri kata kunci:

1. Kata kunci tersusun dari satu atau dua buah kata

Ciri kata kunci yang pertama ini adalah, sebuah kata kunci yang tidak bisa memuat kata yang panjang. Kata kunci tersebut haruslah singkat, padat, dan jelas, supaya mudah diingat orang lain. Misalnya saja, makanan daerah, wisata terfavorit, dunia binatang, serta alat elektronik.


2. Kata kunci mengandung kata yang sifatnya unik

Untuk ciri-ciri kata kunci kedua yaitu, ada kata kunci yang mengandung kata yang sifatnya unik. Ini maksudnya adalah memuat kata yang bersifat unik. Kata kunci haruslah mudah diingat dan mengandung kata yang bermakna spesifik atau bukan hal yang umum. Misalnya saja, wisata Djakarta, makanan Bali, hewan anjing, dan kursi bambu.

Baca juga:  Kata Kata Dicuekin Sama Pacar


iii. Kata kunci bersifat menyeluruh

Dan yang terakhir yaitu, ada jenis kata kunci bersifat menyeluruh. Jenis kata kunci ini artinya, kata kunci memuat satu atau dua kata yang bisa digunakan untuk memperjelas keseluruhan isinya. Sebagai contoh kata kunci makanan Djakarta dipakai untuk menjelaskan apa saja makanan yang ada di Djakarta, baik makanan tradisional hingga makanan favorit.

3. Contoh Kalimat Dalam Kata Kunci

Dan yang terakhir yaitu, ada contoh kata kunci dalam sebuah kalimat. Apa itu kata kunci berupa kalimat? Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh kalimat dalam kata kunci tersebut:

1. Ibu makan gudeg dengan lahap, kata kuncinya adalah ibu dan gudeg.

2. Kucing adalah binatang lucu yang manja, kata kuncinya adalah kucing, binatang, dan manja.

iii. Gunung Kidul adalah desa wisata yang indah dan asri, kata kuncinya Wonogiri, wisata, dan asri.

4. Ayah pergi ke kebun tadi siang, kata kuncinya ayah dan kebun.

5. Adik pergi ke sekolah tadi pagi, kata kuncinya adalah adik dan sekolah.

6. Anjing merupakan hewan penjaga yang setia, kata kuncinya adalah anjing, hewan, setia.

7. Keluarga ini pesan nasi goreng semua, kata kuncinya adalah keluarga dan nasi goreng.

Itulah yang bisa kalian ketahui tentang apa itu kata kunci. Tak hanya penjelasan tentang pengertiannya saja, namun kalian juga dapat mengetahui ciri-ciri dan contoh katanya.

Sebutkan Kata Kunci Dalam Teks

Source: https://plus.kapanlagi.com/apa-itu-kata-kunci-dalam-bahasa-indonesia-beserta-dengan-contoh-dan-cirinya-9193ea.html