Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Minuman Kolagen Terbaik

0
304

Setiap bertambah tahun, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang. Sehingga, perlu adanya asupan tambahan baik di dalam skincare, produk suplemen kesehatan, dan juga minuman kolagen terbaik. Nah, kolagen sendiri sebetulnya merupakan senyawa protein yang telah tersedia di dalam tubuh secara alami. Namun, mengkonsumsi minuman kolagen terbaik akan membantu memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Minuman Kolagen Terbaik

Manfaat kolagen adalah membantu dalam proses pembangunan otot, kulit, rambut, dan juga tulang di dalam tubuh. Zat yang merupakan rantai panjang asam amino ini sudah wajib Anda tambahkan dalam tubuh mulai usia 25 tahun.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Minuman Kolagen Terbaik

Salah satu produk yang sangat dianjurkan adalah minuman kolagen terbaik. Untuk membantu Anda menemukan minuman yang tepat, artikel berikut ini akan mengupas tuntas tentang produk kolagen tersebut secara detail.

Manfaat Kolagen untuk Tubuh

Minuman kolagen terbaik yang beredar di pasaran merupakan salah satu upaya seseorang untuk mendapatkan kulit yang sehat dari dalam. Tujuan utama mengkonsumsi kolagen adalah agar kecantikan kulit semakin terjaga. Selain itu, bisa juga untuk menunda penuaan kulit, merawat keindahan kuku, serta memelihara rambut supaya lebih kuat dan lembut.

Faktanya, efektivitas konsumsi minuman kolagen terbaik masih menjadi pro-kontra di kalangan ahli. Pada saat-saat tertentu, tubuh tidak membutuhkan penambahan zat tertentu. Sehingga, suplemen tidak akan berfungsi dengan baik.

Baca juga:  Glowigen Minuman Kolagen Dengan Banyak Manfaat

pada dasarnya, kolagen terbentuk dari tiga rantai panjang asam amino yang jumlahnya ribuan. Strukturnya sendiri sangat kuat sehingga sulit diuraikan oleh sistem pencernaan. Sehingga, kolagen murni yang un-hydrolyzed tidak terlalu efektif saat dikonsumsi.

Akan tetapi, kolagen bisa diserap tubuh dalam bentuk hydrolyzed collagen dengan struktur asam amino yang pendek. Di pasaran, minuman kolagen terbaik diproduksi dalam bentuk collagen peptides sehingga akan mudah dicerna tubuh.

Manfaat kolagen untuk kesehatan kulit telah diteliti pada hewan (preklinis) dan juga pada manusia. Namun, pada manusia belum terlalu banyak digunakan. Dalam penelitian di tahun 2015, konsumsi suplemen kolagen secara signifikan bisa meningkatkan hidrasi kulit sesudah dikonsumsi kurang lebih 8 minggu.

Di tahun 2018 juga dilakukan studi klinis kembali dan menunjukkan bahwa mengkonsumsi kolagen secara oral dalam jumlah 1000 mg 12 minggu dapat meningkatkan kesehatan kulit untuk kelompok usia 40 hingga 60 yang mengalami photoaging.

Pilih lah Kolagen Sesuai Kebutuhan Tubuh

Sebelum mengonsumsi minuman kolagen terbaik, Anda perlu mengetahui dua jenisnya. Diantaranya, kolagen untuk kecantikan dan kolagen untuk nyeri sendi. Yang diperuntukkan kecantikan kulit disebut dengan kolagen tipe I dimana zat tersebut berfungsi membentuk tulang dan kulit. Kolagen tersebut akan membuat kulit Anda lebih elastis, lembab, dan kencang.

Sedangkan kolagen tipe II ada pada tulang rawan dan sendi. Biasanya, penambahan asupan kolagen jenis ini akan mengurangi artritis yang diakibatkan karena penuaan serta radang sendi. Akan tetapi, jenis kolagen ini tidak terlalu banyak di pasaran.

Kolagen dengan Massa Molekul Rendah

Kolagen sebetulnya merupakan zat yang cukup sulit untuk diserap tubuh. Maka dari itu, Anda disarankan memakai peptide collagen dengan massa molekul yang rendah. Dengan begitu, kolagen akan mudah untuk dipecah dalam bentuk molekul kecil, sehingga akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Baca juga:  Minuman Kolagen Terbaik untuk Perawatan Kulit Tanpa Efek Samping

Ada juga collagen tripeptide yang massa molekulnya lebih rendah lagi. Anda lebih direkomendasikan memilih kolagen yang asalnya dari ikan atau marine collagen karena lebih mudah terserap oleh tubuh.

Pilih Minuman Kolagen Terbaik dengan Bahan Baku yang Berkualitas

Terdapat dua jenis bahan baku minuman kolagen terbaik, diantaranya grass-fed collagen yakni kolagen yang berasal dari hewan darat seperti ayam dan sapi. Harga dari jenis kolagen yang satu ini cukup terjangkau. Ada juga marine atau fish collagen yang bersumber dari hewan laut seperti ikan dan ubur-ubur.

Molekul kolagen dari hewan laut lebih kecil, sehingga mudah untuk diserap dalam tubuh. Apabila Anda lebih concern pada efek yang dihasilkan, maka kolagen ikan lebih disarankan. Meski begitu, saat ini, grass-fed collagen juga sudah banyak yang massa molekulnya lebih ringan. Silakan baca dan teliti produk terlebih dahulu sebelum membelinya.

Memeriksa Kandungan yang Lain dalam Minuman Kolagen Terbaik

Beberapa zat yang mendukung pembentukan kolagen dalam tubuh sehingga bisa dijadikan bahan tambahan adalah zat besi dan vitamin C. Kolagen nantinya akan diuraikan dalam bentuk asam amino dan didistribusikan ke tubuh. Jika sudah, maka zat tersebut kembali dalam bentuk kolagen kembali karena proses sintesis berkat dukungan dari zat besi dan vitamin C.

Anda juga harus memeriksa kandungan lain sesuai dengan tujuan konsumsi minuman kolagen terbaik. Ada vitamin B yang bisa menjaga kelembaban kulit. Atau bisa juga memilih yang ada kandungan royal jelly, placenta, polyphenol, dan ceramide. Sekadar informasi bahwa ceramide memiliki fungsi untuk menghambat terjadinya penuaan di sel kulit. Sedangkan polyphenol dapat memutihkan kulit.

Sesuaikan Kandungannya dengan Kebutuhan Tubuh

Jumlah standar dari kolagen yang dianggap paling efektif adalah sekitar 5000 mg per hari jika diperuntukkan kecantikan kulit. Sedangkan untuk tulang dan sendi adalah 10.000 mg per harinya. Dalam penelitian, menunjukkan jika kelembapan dan elastisitas kulit akan meningkat saat mengkonsumsi minuman kolagen terbaik seperti Glowigen. Selain itu, kerutan juga akan berkurang.

Baca juga:  Minuman Kolagen Terbaik untuk Perawatan Kulit Tanpa Efek Samping

Memperhatikan Rasanya

Saat ini, minuman kolagen terbaik hadir dalam varian rasa yang berbeda. Anda dapat memilih varian yang memang disukai. Nah, biasanya, kolagen dengan kandungan 10.000 mg atau lebih memiliki rasa yang kurang enak. Salah satu minuman kolagen dengan rasa yang lezat adalah Glowigen.

Dalam minuman kolagen, kerap ditambahkan pemanis buatan. Namun, sebaiknya, Anda pilih yang tidak terdapat kandungan tersebut agar lebih aman dikonsumsi.

Dari uraian tersebut, Anda dapat mengonsumsi minuman kolagen terbaik seperti Glowigen untuk mendapatkan efek anti-aging yang maksimal. Namun, produksi kolagen juga dapat ditingkatkan menggunakan vitamin C dan retinol. Selain itu, lakukan diet yang baik agar kolagen dalam tubuh dapat diproduksi secara alami.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini