6 Cara Mencegah Cacingan Pada Anak

1
36

Cara Mencegah Cacingan Pada AnakCara Mencegah Cacingan Pada Anak – Cacingan adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh parasit yang berada di dalam organ tubuh manusia. Kebanyakan penyakit cacingan menyerang bagian pencernaan pada manusia. Cacingan dapat menyerang siapa saja , baik anak – anak maupun orang dewasa.

Cacingan dapat menyebabkan bermacam gangguan diantaranya : sakit perut, perut buncit, badan kurus,nafsu makan berlebihan dan yang paling parah infeksi usus. Disebabkan daya tahan tubuh pada anak – anak kurang begitu baik maka anak – anak sering mengalami cacingan .

Adapun  jenis cacing yang sering menyerang anak – anak yaitu : cacing kermi , cacing , gelang , cacing cambuk dan cacing tambang. Tetapi tidak perlu khawatir , ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit cacingan pada anak . Untuk lebih jelasnya , coba simak hal – hal yang harus dilakukan bagi orang tua dalam menjaga anak tetap sehat terhindar dari penyakit parasit ini.

  1. Menjaga kebersihan makanan dan minuman 

Makanan merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuh tumbuhan atau pun dari hewan.Tetapi perlu kita ingat bahwa makanan yang diberikan kepada anak dapat membuat si kecil terkena parasit atau cacingan. Hal ini disebabkan makanan yang diberikan tidak bersih ataupun tidak matang. Kita tahu sekarang banyak sekali penyebab makanan yang kita hidangkan terkena polusi baik polusi udara maupun air yang akhir akhir ini sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitar.

Salah satu contoh sumber jenis makan yaitu ikan , untuk pemberian ikan pada anak seharusnya sebelum dimasak kita memang harus meneliti daging pada ikan . Ada sebagian ikan mengandung cacing pada dagingnya ini disebabkan oleh polusi air yang tercemar.  Untuk mengatasi hal ini makan sebelum membeli kita harus memang berhati hati dalam memilih jenis ikan yang memang aman untuk dikonsumsi.

  1. Menjaga kebersihan kuku
Baca juga:  Gejala dan Pengobatan Kanker Paru-paru

Kita tahu bahwa anak – anak lebih senang menggigit kuku apakah itu disaat bermain ataupun sedang istirahat. kuku yang tidak bersih merupakan tempat kuman untuk diam sementara, hal ini terjadi karena anak – anak sering menggaruk, bermain di tempat rendah dan memegang barang – barang yang ada disekelilingnya. Apabila kita tidak menjaga kebersihan kuku anak kita, maka kuman yang ada pada kuku anak akan masuk kemulut , dan tidak menutup kemungkinan anak kita akan mengalami cacingan.

  1. Memberi anak alas kaki saat bersentuhan dengan tanah ataupun lantai

Mungkin secara logika untuk tahapan ini tidak masuk diakal, tetapi secara ilmu kedokteran ternyata cacing dapat masuk melalui kulit yang bersentuhan langsung dengan tanah. Cacing tambang sangat mudah sekali masuk kedalam tubuh anak – anak apabila bersentuhan dengan tanah. Apabila anak sudah terjangkiti cacing ini akan menyebabkan nafsu makan anak menjadi berkurang dan lama kelamaan tubuh anak akan menjadi kurus.

  1. Menjaga kebersihan kamar mandi atau wc

Cacing dapat hidup di tempat yang lembab dan kotor bahkan dapat hidup didalam air, untuk mencegah agar tidak menyerang anak – anak maka kita harus lebih sering mengontrol kebersihan tempat kamar mandi dan wc.Yang paling penting jangan membuang air besar atau pun kecil ditempat umum sembarangan.

  1. Menjaga kebersihan hewan peliharaan

Sebagian orang pasti senang memelihara hewan, untuk hal semacam ini tidak perlu khawatir tentang hobi yang dimiliki. Mungkin sebagian kita beranggapan bahwa hewan yang kita pelihara akan memberikan dampak kepada gangguan kesehatan anak . Selagi kita dapat mengetahui hal – hal yang dapat memberikan kenyaman kepada anak untuk memegang hewan peliharaan yang kita punya. salah satu cara yang dapat kita lakukan ialah menjaga kebersihan hewan dengan cara dimandikan . Untuk hal semacam ini dapat mencegah terjadinya penularan penyakit cacingan pada anak.

  1. Minum obat cacing
Baca juga:  Penyebab Keputihan Saat Hamil dan Cara Mecegahnya

Cara mencegah atau bengobati cacingan pada anak berikutnya adalah minum obat cacing, Secara kesehatan, pemberian obat cacing pada anak sangat dianjurkan demi kesehatan anak supaya terhindar dari cacingan . Sebelum memberi obat cacing alangkah baiknya  terlebih dahulu kita berkonsultasi dengan dokter dan paling tidak kita memeriksa anak kita langsung demi memastikan keamanan saat mengkonsumsi obat cacing.

Nah dari beberapa cara diatas mudah – mudahan dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan anak supaya terhindara dari penyakit cacingan. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini