Penyebab Keputihan Saat Hamil dan Cara Mecegahnya

0
21

Keputihan adalah sebuah kondisi dimana terdapat cairan atau lendir yang keluar dari vagina seorang wanita. Gejala keputihan ini juga sering terjadi kepada ibu hamil. Hal tersebut terjadi pada tubuh wanita secara alamiah untuk menjaga kebersihan dan kelembaban organ kewanitaan. Gejala keputihan saat hamil juga merupakan hal normal. Meskipun begitu, anda juga harus tetap waspada untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan.

Produksi lendir pada ibu hamil cenderung lebih banyak karena pada saat hamil leher dan dinding vagina seorang wanita menjadi lebih lembut saat mengandung. Produksi lendir yang banyak tersebut juga dipengaruhi oleh hormon estrogen yang meningkat ketika hamil, sehingga terjadi peningkatan aliran dara ke area leher rahim. 

Atas hal tersebut, untuk anda yang sedang hamil, jika ternyata mengalami keputihan dengan mengeluarkan cairan yang lebih banyak, maka tidak perlu khawatir, asalkan keputihan yang anda alami masih berwarna putih bening atau putih susu dan tidak menimbulkan bau yang terlalu menyengat. Keputihan dengan kuantitas lebih banyak, namun dengan warna dan bau yang tidak terlalu menyengat termasuk normal pada ibu hamil. 

Yang harus diwaspadai oleh ibu – ibu hamil adalah keputihan yang berwarna lain seperti warna kuning, hijau, abu – abu, atau bahkan terdapat bercak darahnya, karena dikhawatirkan hal tersebut menjadi tanda gangguan kehamilan atau infeksi. Selain itu, hal yang harus diwaspadai adalah jika terjadi bengkak pada area vagina dan menimbulkan bau yang lebih menyengat dari biasanya. 

Apabila bunda mengalami keputihan seperti yang dikatakan sebelumnya, maka akan lebih baik langsung konsultasikan saja ke dokter untuk memastikan penyebab pastinya dan untuk dilakukan langkah pengobatan lebih lanjut. 

Seperti kata pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Hal tersebut bisa diterapkan pula dalam kasus keputihan ibu hamil seperti ini. Untuk berjaga – jaga , karena ibu hamil memiliki potensi untuk mengalami keputihan yang tidak normal, maka akan lebih baik jika dilakukan beberapa langkah pencegahan seperti berikut ini.

1. Rajin Mencuci Tangan

Bakteri adalah salah satu penyebab terjadinya keputihan saat hamil dan tangan adalah salah satu organ yang paling banyak bakterinya, maka dari itu rajin – rajinlah anda dalam mencuci tangan saat hamil, terutama sebelum dan sesudah memegang organ intim.

2. Membasuh organ kewanitaan dengan benar

Cara membasuh organ intim wanita yang benar adalah dengan cara membasuh dari depan ke belakang. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah bakteri yang berasal dari anus masuk ke vagina. Apabila sudah bersih jangan lupa untuk mengeringkannya menggunakan handuk yang halus dan lembut atau tisu. Hindari untuk menggunakan handuk yang kasar atau memilih untuk tidak menggunakan handuk ataupun tisu sama sekali. Hal tersebut bisa menimbulkan masalah keputihan yang lebih parah.

3. Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat

Untuk mencegah keputihan, lebih baik anda menggunakan pakaian dalam yang longgar dan halus. Sehingga organ kewanitaan anda juga mendapatkan cukup udara untuk bernafas. Selain itu, jika ternyata anda sudah pernah mengalami keputihan yang lebih banyak dari biasanya semenjak hamil, maka sering –sering lah juga untuk mengganti pakaian dalam anda. Hal ini bertujuan untuk membuat untuk menjaga organ intim anda selalu bersih. 

Itulah penyebab dan cara mencegah keputihan pada ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi para ibu – ibu hamil yang sedang mengandung buah hatinya.

Baca juga:  Tips Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini