Tips Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

1
17

Mengatasi Anak Susah TidurHai Bunda Cantik, Pagi hari adalah waktu yang sibuk bagi orangtua yang bekerja di luar, mereka harus bersiap berangkat bekerja, menyiapkan anak-anak untuk pergi ke sekolah, menyuapi si kecil karena pengasuh belum datang, dan lain-lain. Namun kadang kesibukan ini menjadi molor ketika anak-anak terlambat bangun pagi. Hal ini diakibatkan karena anak susah tidur pada malam harinya.

Mereka baru tidur saat malam telah larut. Akibatnya, pagi hari mereka masih mengantuk, dan kalau dibangunkan kadang mereka rewel. Jika hal tersebut tidak mau terulang maka sebaiknya kita harus dapat Mengatasi Anak Susah Tidur di malam hari yaitu dengan mengatur pola tidur anak sehingga kita tidak kerepotan ketika paginya harus segera bergegas ke tempat kerja.

Kiat-kiat Mengatasi Anak Susah Tidur

Tidur bagi balita bukan hanya sebagai waktu istirahat untuk menghilangkan rasa lelah, namun juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Selama tidur, hormon pertumbuhan anak lebih banyak dikeluarkan ke dalam darah sehingga anak yang tidur dengan waktu yang cukup akan tumbuh lebih tinggi daripada yang kurang tidur. Tidur merupakan faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Mengubah Pola Tidur Balita

Setiap anak memiliki lama waktu istirahat yang berbeda-beda. Namun pada umumnya semakin kecil anak, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk tidur. Balita umumnya memerlukan waktu tidur sekitar 12 – 13 jam sehari, yang dibagi menjadi tidur siang dan tidur malam.

Berikut adalah beberapa cara Mengatasi Anak Susah Tidur :

  • Kadang orangtua sendiri saking sibuknya terlambat mengajak anak-anaknya tidur sehingga anak kelelahan lalu rewel. Sebaiknya walaupun sibuk, sempatkan menemani anak tidur sesuai dengan jadwal tidurnya. Jika anak sudah terlelap, anda bisa melanjutkan aktivitas lagi
  • Tidak membiasakan menidurkan bayi dengan diayun-ayun dalam gendongan.
Baca juga:  Mengajarkan Tanggung Jawab Kepada Anak dengan Bijak

Kebiasaan menidurkan bayi dengan diayun-ayun dalam gendongan juga tidak baik karena akan membiasakan anak tertidur dalam gerakan. Jika tidak digendong maka anak sulit tidur, ini justru merepotkan anda sendiri. Lebih baik membiasakan anak tidur di tempat tidurnya sejak bayi. Anda dapat menemaninya sambil mendongeng atau menyanyikan lagu yang membuatnya nyaman.

  • Tidak menaruh banyak mainan di tempat tidur.

Kadang orangtua menaruh banyak mainan di tempat tidur anak supaya mereka tidak rewel. Namun, sebaliknya jangan meletakkan mainan di tempat tidur jika anda ingin mereka segera tidur agar anak tidak tergoda untuk bermain-main di tempat tidurnya.

  • Tidak menakut-nakuti anak

Karena ingin anak segera meringkuk di tempat tidurnya, orangtua kadang menakut-nakuti anak pada sesuatu. Apapun alasannya, menakut-nakuti anak tidak dibenarkan. Cara ini justru membuat kualitas tidurnya jelek dan bisa membuat anak bermimpi buruk. Selain itu tidak baik bagi perkembangan mental anak.

  • Tidur akan lebih nyenyak ketika cahaya lampu redup atau gelap. Namun biasanya kamar anak selalu terang benderang karena anak biasanya takut dalam gelap. Kita bisa membiasakan anak tidur dalam gelap dengan mengatur cahaya lampu. Atur cahaya lampu dari yang semula terang menjadi redup, namun secara bertahap agar anak tidak kaget.
  • Hindarkan dari kebisingan

Matikan televisi atau radio atau bunyi-bunyian lain yang mengganggu tidur anak.

  • Mendisiplinkan waktu tidur anak

Kita perlu mendisiplinkan waktu tidur anak dan memberi penjelasan pada mereka bahwa saat ini adalah waktunya tidur. Beritahu konsekuensinya jika ia terlambat tidur. Ajak anak mencuci kaki dan tangan dan sikat gigi menjelang waktu tidur

Saat waktu mendekati tidur, ajak anak mencuci kaki dan tangan dan sikat gigi. Jangan lupa menawari mereka untuk buang air dulu. Pakaikan baju yang nyaman untuk tidur yang sesuai dengan suhu rumah. Demikianlah tadi beberapa tips Mengatasi Anak Susah Tidur yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:  Penyebab Keputihan Saat Hamil dan Cara Mecegahnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini