Tips Menabung Untuk Anak

0
13

Tips Menabung Untuk AnakTips Menabung Untuk Anak – Menumbuhkan kebiasaan menabung pada anak sedini mungkin memang sangat diperlukan, sebab dimasa itu, kepribadian anak lebih mudah untuk dibentuk. Namun mengajarkan anak menabung bukanlah hal yang mudah. Peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak memiliki kesadaran sendiri untuk menabung. Jika si anak sudah terbiasa menabung, tentu dewasanya nanti ia akan menjadi seorang yang pandai dalam mengatur keuangannya.

Tips Menabung Untuk Anak

Menabung bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja, Anda bisa mengajarkan anak menabung di celengan terlebih dahulu selanjutnya bisa beralih ke bank. Saat ini ada banyak produk tabungan untuk anak yang ditawarkan oleh bank-bank ternama di Indonesia. Namun, sebelum Anda memutuskan memilih tabungan untuk anak, sebaiknya perhatikan hal-hal di bawah ini, berikut Tips Menabung Untuk Anak.

Besaran Setoran Awal

Sebelum Anda membuka tabungan anak, perhatikan dahulu besaran setoran awal. Jumlah setoran awal tabungan sebaiknya lebih kecil dari tabungan biasa. Meski demikian, akan lebih baik lagi jika setoran awal berasal dari uang anak Anda, sebab dengan jelas mereka akan mengklaim uang tabungannya sendiri sehingga si anak bisa lebih semangat lagi untuk menabung.

Jumlah Minimum Setoran Selanjutnya

Tiap bank memiliki peraturan yang berbeda-beda dalam hal jumlah minimum setoran. Untuk itu, sebaiknya pilih bank dengan minimum setoran selanjutnya yang lebih kecil agar si anak akan lebih mudah menyetorkannya. Anak Anda tentunya hanya memiliki uang setoran yang tidak terlalu besar, hal ini akan mempermudah mereka untuk menyetorkannya ke bank.

Baca juga:  Tips Mengatasi Alergi Makanan pada Bayi

Minim Potongan Biaya Administrasi

Selain jumlah minimum setoran, potongan biaya diministrasi juga harus Anda erhatikan. Biaya ini bisa saja menguras tabungan anak. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar jeli dalam melihat bank mana yang hanya memiliki potongan kecil atau bahkan tidak ada potongan pada tabungan anak.

Besaran Suku Bunga

Secara umum, biasanya bank memiliki bunga jika jumlah saldo tersebut sudah memenuhi saldo minimum. Pilihlah bank yang memberikan bunga dengan jumlah minimum saldo yang paling kecil. Dengan begitu, Anda dapat mengajarkan si anak bahwa menabung itu sangat menguntungkan sehinggan anak Anda akan lebih semangat lagi untuk menabung.

Mendapatkan Kartu ATM

Ketika Anda membuka tabungan untuk anak, biasanya di bank-bank tertentu akan memberikan kartu ATM dengan gambar-gambar yang menarik perhatian si anak, bank juga akan mencantumkan nama anak yang bersangkutan pada kartu ATM. Hal ini tentunya membuat anak bangga karena sudah memiliki tabungan sendiri sehingga akan mendorong kemauan mereka untuk lebih giat lagi untuk menabung. Namun perlu Anda perhatikan, Anda juga harus sepenuhnya memegang kendali atas kartu ATM tersebut, karena kartu ATM bisa saja hilang ketika mereka membawanya.

Demikianalah tadi beberapa Tips Menabung Untuk Anak yang dapat anda aplikasikan. Semoga dapat beramanfaat khususnya dalam menumbuhkan kesadaran sedini mungkin untuk menabung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini